Macam-Macam Serangan Dengan Menggunakan Tangan Dalam Pencak Silat | EdukasiCenter



Bagikan:


macam-macam serangan dengan menggunakan lengan dalam pencak silat [image by idntimes.com]

Pencak Silat yang merupakan seni bela diri asli dari Nusantara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Filipina bagian selatan, dan Thailand bagian selatan) sudah banyak dipelajari dan dikembangkan di negara-negara lain diluar keenam negara yang merupakan asal mula dari seni bela diri Pencak Silat.


Untuk bisa melakukan Pencak Silat, terlebih dahulu pesilat perlu untuk mengetahui mengenai bagaimana melakukan teknik menyerang dan teknik bertahan. Untuk teknik menyerang dalam Pencak Silat, biasanya mengandalkan dua serangan yaitu serangan kaki dan serangan tangan atau lengan.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga bela diri Pencak Silat, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Serangan tangan atau lengan yang paling umum dilakukan dalam pertandingan Pencak Silat adalah berupa pukulan. Namun, selain itu ada pula beberapa jenis serangan tangan atau lengan lainnya yang dapat dilakukan dan bisa menyulitkan lawan. Berikut ini macam-macam serangan dengan menggunakan tangan atau lengan dalam Pencak Silat.

  1. Pukulan depan, yaitu serangan yang menggunakan lengan dengan tangan mengepal. Arah lintasannya lurus ke depan, dengan titik sasaran atas, tengah, dan bawah.
  2. Pukulan samping, yaitu serangan yang menggunakan lengan dengan tangan mengepal. Lintasannya ke arah samping badan dengan posisi tangan mengepal.
  3. Pukulan sangkol, yaitu serangan yang menggunakan lengan dengan tangan mengepal. Lintasannya dari bawah ke atas dengan kepalan tangan terbalik dan diarahkan ke sasaran kemaluan.
  4. Pukulan lingkar, yaitu serangan yang menggunakan lengan dengan tangan mengepal. Lintasannya melingkar dari luar ke dalam, dengan titik sasaran rahang dan rusuk. Posisi tangan mengepal menghadap ke bawah dan perkenaannya seluruh buku-buku jari.
  5. Tebasan, dilakukan dengan menggunakan satu atau dua telapak tangan yang terbuka dengan perkenaan sisi telapak tangan luar. Arah lintasannya dari luar ke dalam atau dari atas ke bawah, dengan sasaran muka, leher, bahu, atau pinggang.
  6. Tebangan, yaitu serangan yang menggunakan satu atau dua telapak tangan terbuka dengan perkenaan sisi telapak tangan dalam. Lintasannya dari dalam ke luar atau dari luar ke dalam, dengan arah sasaran leher.
  7. Sangga, yaitu serangan dengan satu atau dua telapak tangan terbuka. Bagian perkenaannya adalah pangkal telapak tangan dalam. Lintasannya dari bawah ke atas, dengan sasaran dagu dan hidung.
  8. Tamparan, dilakukan dengan telapak tangan dalam yang kelima jari tangannya merapat satu dengan lainnya. Lintasannya dari luar ke dalam, dengan sasaran telinga.
  9. Kepret, yaitu serangan dengan telapak tangan luar yang kelima jari tangannya merapat satu dengan lainnya. Lintasan dari dalam ke luar atau bawah ke atas, dengan sasaran muka atau kemaluan.
  10. Tusukan, yaitu serangan dengan menggunakan jari tangan, dengan posisi jari merapat. Arahnya lurus ke depan, dengan sasaran mata dan tenggorokan.
  11. Totokan, yakni serangan dengan menggunakan tangan setengah menggenggam yang perkenaannya ruas kedua dari buku jari-jari. Arahnya lurus ke depan dengan sasaran mata dan tenggorokan.
  12. Patukan, yaitu serangan dengan menggunakan lima jari tangan yang menguncup dan sedikit ditarik ke belakang. Sasarannya adalah mata.
  13. Cengkeraman, yakni serangan yang menggunakan kelima jari tangan mencengkeram. Lintasannya dari arah luar ke dalam atau ke segala arah, dengan sasaran muka.
  14. Gentusan, yakni serangan yang menggunakan sisi tangan bagian dalam. Posisi telapak tangan mengepal. Sasarannya, yaitu leher dan pelipis.
  15. Dobrakan, yakni serangan yang menggunakan kedua telapak tangan terbuka dengan sasaran dada.
  16. Sikuan, yakni serangan yang menggunakan siku tangan dengan arah lintasan ke atas, bawah, depan, samping, dan belakang. Ada beberapa jenis sikuan, antara lain sikuan atas, sikuan tusuk, sikuan samping, dan sikuan belakang.
Nah, itulah macam-macam serangan dengan menggunakan tangan atau lengan dalam Pencak Silat, dari penjelasan tersebut diatas dapat kita ketahui bahwa terdapat sekitar 16 serangan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tangan atau lengan dalam Pencak Silat.

Sumber referensi: Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Untuk SMA/MA kelas XI /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Serangan Dengan Menggunakan Tangan Dalam Pencak Silat | EdukasiCenter"

Posting Komentar