Perlengkapan yang Digunakan Dalam Senam Lantai | EdukasiCenter



Bagikan:


gambar ilustrasi Senam lantai menggunakan alat [image by bisniswisata.co.id], 

Senam lantai merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh untuk melakukan gerakannya, pada umumnya terdapat dua jenis senam lantai yaitu senam lantai menggunakan alat dan senam lantai tanpa menggunakan alat. Alat atau peralatan yang digunakan dalam olahraga senam mempunyai bentuk bermacam-macam dengan ukuran yang telah ditentukan.


Perlengkapan yang digunakan dalam latihan maupun perlombaan senam tentunya adalah peralatan yang sudah diatur dan diisyaratkan oleh FIG (Federation Internationale de Gymnastic) dan PERSANI. FIG adalah induk organisasi olahraga senam seluruh dunia. Peralatan yang dimaksud adalah peralatan yang digunakan untuk perlombaan artistik putra dan perlombaan artistik putri.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Senam artistik adalah senam yang menggabungkan aspek tumbling (kecepatan dan lambungan) dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada alat-alat itu. Ketentuan-ketentuan alat yang dipakai dalam senam artistik sebagai berikut.

1. Artistik putra

Alat yang digunakan dalam perlombaan senam artistik putra, antara lain sebagai berikut.
  • Lantai (floor exercise) dengan ukuran 12 m x 12 m.
  • Palang tunggal (horizontal bars) dengan ukuran tinggi 2,50 m dan panjang palang 2,40 m.
  • Palang sejajar (parallel bars) dengan ukuran panjang palang 3,5 m, jarak palang 42 cm - 48 cm, dan tinggi palang 1,7 m.
  • Kuda-kuda pelana (pummeled horse) dengan ukuran tinggi dari lantai hingga permukaan atas pelana 1,10 m dan jarak pelana 40 cm - 45 cm.
  • Gelang-gelang (rings) dengan ukuran tinggi dari lantai 2,50 m.
2. Artistik Putri
Alat yang digunakan dalam perlombaan senam artistik putri, antara lain sebagai berikut.
  • Lantai (floor exercise) dengan ukuran 12 m x 12 m.
  • Balok keseimbangan (balance beam) dengan ukuran tinggi 1,20 m dan panjang 5 m.
  • Palang bertingkat (uneven bars) dengan ukuran tinggi palang bawah 1,50 m, tinggi palang atas 2,30 m, dan jarak palang 38 cm - 43 cm.
  • Kuda-kuda lompat dengan ukuran panjang 1,60 m, tinggi 1,10, dan lebar 35 cm.

Perlengkapan lainnya berupa seragam, sepatu, kaus kaki, dan perlengkapan lain harus dipasangkan sendiri oleh atlet atau regu. Untuk perlengkapan lainnya seperti serbuk damar atau magnesium, ampelas kayu, ampelas besi, dan kain lap disiapkan oleh panitia.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Perlengkapan yang Digunakan Dalam Senam Lantai | EdukasiCenter"

Posting Komentar