Teknik Dasar Bermain Tenis Meja | EdukasiCenter



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id],

Tenis meja biasa juga disebut dengan pimpong, olahraga ini berkembang dari negara asia khususnya China. Untuk bisa memainkan permainan ini, kita perlu menguasai beberapa teknik dasar. Teknik dasar tenis meja secara umum meliputi jenis-jenis pukulan, antara lain servis, drive, chop, push, dan block. Penjelasan dari beberapa teknis dasar tenis meja tersebut adalah sebagai berikut.


1. Servis

Sebelum pertandingan tenis meja dimulai, bola harus dipukul pertama kali dengan cara memantulkannya ke meja servis dan memukulnya. Pukulan ini disebut servis. Pukulan servis harus bisa melewati jaring. Servis harus dimulai dengan bola diam bebas dalam telapak tangan terbuka dari tangan bebas yang leluasa dari pemukul servis (server).

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:

Server kemudian melambungkan bola ke atas nyaris vertikal, tanpa memberikan putaran. Bola juga naik sekurang-kurang 16 cm setelah lepas dari telapak tangan bebas dan kemudian jatuh tanpa bersentuhan dengan sesuatu.

2. Drive

Teknik pukulan drive dilakukan dengan bet menyerong ke atas dan dari bawah. Bet sikapnya menutup. Pukulan ini dapat dikendalikan dan digunakan untuk menyerang lawan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan teknik forehand atau backhand.

3. Chop

Gerakan pukulan ini mirip dengan gerakan menebang pohon. Gerakan ini bisa dilakukan untuk mengembalikan bola. Pukulan ini bisa dilakukan dengan teknik forehand atau backhand.

4. Push

Teknik pukulan push pada permainan tenis meja dilakukan dengan mendorong bola dengan sikap bet terbuka. Biasanya pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan yang berasal dari teknik chop atau push itu sendiri. Pukulan ini bisa dilakukan dengan teknik forehand atau backhand.

5. Block

Teknik ini digunakan untuk mengembalikan bola dengan sikap bet tertutup. Pukulan ini sering digunakan dalam permainan tenis meja untuk mengembalikan bola-bola drive atau top spin.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa teknik dasar dalam permainan tenis meja, semoga postingan ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita mengenai olahraga tenis meja.

Sumber pustaka : Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Bermain Tenis Meja | EdukasiCenter"

Posting Komentar