Ukuran Lapangan dan Lembing Dalam Lempar Lembing



Bagikan:


Gambar ukuran Lapangan lempar lembing [image by www.ikhlasberamal.com]

Lempar lembing merupakan salah satu nomor dalam atletik, olahraga dimainkan dengan menggunakan alat seperti tombak dan mempunyai lapangan khusus sebab olahraga ini cukup berbahaya jika melihatnya dari jarak yang dekat. Terdapat peraturan khusus dalam hal ukuran lapangan dan lembing pada olahraga ini, bagaimana ukuran dari lapangan dan lembing tersebut? mari kita lihat bersama.


Lapangan lempar lembing biasanya terletak satu kompleks dengan fasilitas nomor-nomor atletik lainnya, misalnya lintasan lari, lapang tolak peluru, lapang lempar cakram, dan nomor-nomor yang lainnya. Panjang lintasan awalan pada lapangan lempar lembing sekitar 40 – 45 meter, lebar lintasan awalan 4 meter, Busur lemparan atau wilayah lemparan 8 meter, dan sektor lemparan 300 - 400 (derajat).

Selain ukuran lapangan, diatur pula ukuran dari lembing yang akan digunakan dalam olahraga ini, adapun penjelasan dari ukuran lembing tersebut dapat kita lihat pada gambar diatas. Lembing merupakan suatu alat yang menyerupai tombak. Lembing terdiri atas tiga bagian, yaitu mata lembing, badan lembing, dan pegangan lembing.

  1. Mata lembing, berada pada ujung bagian lembing yang runcing. Bagian ini biasanya terbuat dari metal. Fungsinya untuk menancapkan lembing di tanah.
  2. Badan lembing, terbuat dari metal atau bahan yang kuat dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh organisasi atletik internasional.
  3. Pegangan lembing, merupakan lilitan tali di bagian tengah lembing yang berfungsi sebagai pegangan saat melakukan lemparan.
Berat dan panjang lembing yang digunakan dalam perlombaan nasional dan internasional sebagai berikut.
  • Putra
  • Berat : 800 gram. Panjang lembing : 260-280 cm. panjang lilitan : 14–16 cm
  • Putri
  • Berat : 600 gram. Panjang lembing : 220-230 cm. panjang lilitan : 14–16 cm

Itulah penjelasan singkat mengenai ukuran lapangan dan lembing dalam olahraga lempar lembing, dalam penjelasan tersebut kita ketahui bahwa ukuran lapangan terbagi menjadi empat bagian, yaitu panjang lintasan awalan 30 – 45 meter, lebar lintasan awalan 4 meter, busur lemparan 8 meter, dan sektor lemparan 30 - 40 derajat.

Sementara itu ukuran lembing dibagi menjadi dua, yaitu untuk putra dan putri. Dimana ukuran lembing untuk putra 260 - 270 cm dengan berat 800 gram, sementara untuk putri panjangnya 220 - 230 dengan berat 600 gram. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lewatkan juga informasi terbaru seputar olahraga di blog ini.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs/ Jaja Sudarja Husdarta, Eli Maryani; ilustrator, Tim Redaksi.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lapangan dan Lembing Dalam Lempar Lembing"

Posting Komentar