Peraturan dan Ketentuan Pemberian Time-out Dalam Permainan Bola Basket



Bagikan:


Time out basketball [image by fivethirtyeight.com], 

Pernahkah teman-teman melihat pada sebuah permainan bola basket tiba-tiba terhenti sementara waktu? Penghentian waktu sementara tersebut diminta oleh salah satu pelatih tim untuk mengatur ulang strategi dalam permainan, penghentian waktu sementara tersebut diistilahkan dengan Time-out.


Time-out adalah penghentian sementara jalannya permainan yang diminta oleh pelatih kepala atau asisten pelatih pertama. Terdapat beberapa aturan-aturan yang perlu diperhatikan dalam pemberian Time-out kepada masing-masing tim, yaitu:

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.
  1. Setiap Time-out akan berlangsung 1 menit.
  2. Time-out mungkin dapat diberikan pada kesempatan time-out. dimulai ketika:
    • Untuk kedua tim, bola menjadi mati, jam permainan dihentikan dan ofisial telah mengakhiri komunikasinya dengan meja pencetak gol.
    • Untuk kedua tim, bola menjadi mati setelah lemparan bebas terakhir yang sukses.
    • Untuk tim yang tidak mencetak gol, gol lapangan dicetak.
Kesempatan time-out berakhir ketika bola siap untuk pemain lemparan ke dalam atau untuk lemparan bebas pertama. Setiap tim dapat diberikan:
  1. 2 time-out selama babak pertama.
  2. 3 batas waktu selama babak kedua dengan maksimum 2 dari batas waktu ini ketika jam permainan menunjukkan 2:00 menit atau kurang di kuartal keempat.
  3. 1 batas waktu selama setiap lembur.

Time-out yang tidak terpakai mungkin tidak dibawa ke babak berikutnya. Suatu time-out dibebankan pada tim yang pelatih kepalanya pertama kali mengajukan permintaan kecuali jika time-out diberikan setelah poin yang dicetak oleh lawan dan tanpa pelanggaran.

Batas waktu tidak diizinkan bagi tim penentu skor ketika jam pertandingan menunjukkan 2:00 menit atau kurang di kuarter keempat dan di setiap perpanjangan waktu dan, mengikuti gol lapangan yang sukses kecuali seorang ofisial telah mengganggu permainan.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan dan Ketentuan Pemberian Time-out Dalam Permainan Bola Basket"

Posting Komentar