Posisi Tubuh atau Badan Saat Melakukan Renang Gaya Kupu-Kupu



Bagikan:


Renang gaya kupu-kupu [image by www.tutorialolahraga.com], 
Pada renang gaya kupu-kupu, tubuh mengambang dalam posisi telungkup hampir sejajar di bawah permukaan air. Posisi ini dipertahankan mulai dari kepala, bahu, pinggang, hingga kaki. Kedua lengan berada di atas kepala dan garis permukaan air tepat di atas alis mata. Posisi tubuh harus diatur sedatar mungkin dengan air untuk memperkecil hambatan.

Pada gaya kupu-kupu terjadi gerakan dari tubuh yang naik-turun secara vertikal yang disebabkan oleh irama gerakan kaki dalam pukulan dolphin. Oleh karena gerakan tubuh yang naik-turun ini maka tahanan depan akan bertambah.
Untuk itu, agar posisi tubuh dapat streamline, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.
  1. Pada waktu bernapas, kepala diusahakan naik serendah mungkin, yang terpenting mulut telah keluar dari permukaan air dan cukup untuk mengambil napas. Secepatnya setelah pengambilan napas selesai, kepala tunduk kembali untuk menjaga posisi badan yang streamline.
  2. Gerakan menendang dari kedua kaki haruslah diupayakan tidak terlalu dalam. Tendangan kedua kaki dilakukan dengan cara menekuk kedua kaki pada persendian lutut kemudian diluruskan lagi dengan keras.




Sumber pustaka:
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Posisi Tubuh atau Badan Saat Melakukan Renang Gaya Kupu-Kupu"

Posting Komentar