Pengertian dan Cara Melakukan Sikap Lilin



Bagikan:


Pengertian dan Cara Melakukan Sikap Lilin

Sebelum kita membahas tentang pengertian dan cara melakukan sikap lilin maka terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu senam lantai yang merupakan bagian dari sikap lilin tadi. Senam lantai merupakan salah satu dari cabang senam yang dimana gerakan-gerakannya seluruhnya dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras.


Senam lantai ini juga biasanya dilakukan dengan alat seperti pita, tongkat dan lainnya, gerakannya pun sangat beraneka ragam dan berfariasi sehingga sangat mudah untuk merangkai gerakan tersebut menjadi gerkan senam lantai yang sangat indah. Salah satu gerakan dasar dari senam lantai yaitu sikap lilin yang akana kita bahas pada postingan ini.

Sikap Lilin ialah bentuk latihan keseimbangan pada senam dasar dengan posisi badan lurus dan kedua tungkai rapat dan lurus ke atas dengan bertumpu pada pundak (seperti posisi lilin berdiri). Sikap lilin ini merupakan gerakan yang menurt saya yang paling mudah diantara segala gerakan yang ada. Adapun cara melakukan sikap lilin sebagai berikut.

  • Posisi tubuh telentang, kedua tangan rapat di samping badan dan kedua tungkai lurus serta kedua tangan rapat.
  • Angkat kedua tungkai lurus ke atas sampai ujung kaki.
  • Angkat pinggul ke atas, kemudian tahan dengan kedua tangan, jaga keseimbangan, punggung tetap menempel di matras.
  • Pertahankan beberapa hitungan, kemudian kembali ke sikap awal

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan gerakan ini, sebaiknya memanggil seorang teman untuk membantu. Adapun cara memberikan bantuan kepada teman untuk melakukan sikap lilin, yaitu:

  • Bantuan berada di samping. Membantu mengangkat kaki dan menahannya. Pegang atau tempatkan tangan di sisi panggul.
  • Peganglah pergelangan kaki saat meluruskan kedua kaki ke atas.

Bagaimana mudah bukan cara melakukan gerakan sikap lilin ini? Silahkan dipraktekkan sendiri atau dengan bantuan teman. Sekian dulu postingan kita pada kesempatan kali ini yang berjudul pengertian dan cara melkukan sikap lilin, semoga postingan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga senam khususnya senam lantai.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Pengertian dan Cara Melakukan Sikap Lilin"

  1. Artikel yang sunguh sangat sangat menarik untuk jadi bahan acuan dalam berlatih dan belajar...
    kami juga membahas hal yang serupa yang bisa di jadikan sumberlainnya cara melakukan sikap lilin semoga bisa bermanfaat...

    BalasHapus