Teknik Melakukan Gerakan Guling ke Belakang Dalam Senam Lantai



Bagikan:


Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll)

Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan. Gerakannya mirip balet dan berjungkir balik, biasanya tanpa alat bantu. Senam lantai mengacu pada gerak kombinasi terpadu mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan, dan ketajaman gerak. Salah satu gerakan yang ada dalam senam lantai yaitu Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll).


Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll) adalah gerakan badan mengguling ke belakang melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang, pinggang, punggung, dan tengkuk. Cara melakukannya yaitu pertama-tama dalam posisi awal kita harus melakukan sikap jongkok setelah itu kedua tangan menghadap ke atas.

Langkah kedua setelah melakukan sikap awal adalah melakukan gerakannya, kita perlu jatuhkan badan ke belakang, kemudian dorongkan kedua tangan, badan berguling ke belakang. pada sikap akhirnya kedua kaki mendarat, kedua tangan menjaga keseimbangan dan sikap jongkok.

Latihan penunjang untuk guling belakang antara lain back up, cium lutut, sit up, dan sit up membentuk huruf V. Kesalahan umum yang sering terjadi pada guling belakang, antara lain: Pada saat menjatuhkan badan, kedua kaki bengkok, Badan kurang membungkuk, Jejakan kaki tidak lurus ke atas, dan Dorongan telapak tangan terlalu lemah.



Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Teknik Melakukan Gerakan Guling ke Belakang Dalam Senam Lantai"

  1. terimakasih banyak sudah memberikan informasi mengenai teknik dasar rol depan, jangan lupa berkunjung balik ya gan, salam kenal blogger
    http://www.volimaniak.com/
    terimakasih

    BalasHapus