Macam-Macam Pukulan Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis



Bagikan:


Play Badminton [Image by my-much.blogspot.com]

Pukulan servis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal sebagai pembuka permainan. Berikut ini macam-macam pukulan servis dalam permainan bulu tangkis.

1. Pukulan servis drive

Tujuan dari servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net. Sasarannya adalah sudut titik-titik perpotongan antara garis belakang dengan garis tengah lapangan. Cara melakukan pukulan servis ini adalah dengan melemparkan kok agak jauh dari badan. Lengan bergerak bebas dan leluasa dalam mengayunkan raket.

2. Pukulan servis pendek

Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi. Coba Anda lakukan servis pendek dengan cara berikut ini.

  • Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri memegang kok.
  • Perpindahan berat badan dimulai dari kaki belakang ke kaki depan.
  • Ayunkan raket dari belakang setinggi bahu ke depan.
  • Lepaskan kok dan pukullah kok dengan penuh atau dipotong.
3. Pukulan servis panjang

Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok. Untuk melakukan pukulan servis panjang Anda dapat melakukan cara berikut.

  • Letakkan kaki kiri ke depan.
  • Titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  • Ayunkan tangan yang memegangraket ke belakang sampai setinggi bahu.
  • Pukullah kok setelah ayunan sampai di depan badan dengan mencambukkan pergelangan tangan.
4. Pukulan servis cambukan

Servis cambukan menerbangkan kok ke belakang. Hasil pukulan ini bisa membingungkan lawan sehingga kok jatuh tanpa disadari pihak lawan. Sasaran servis ini adalah sudut perpotongan garis tepi dengan garis belakang dan sudut perpotongan garis belakang dengan garis tengah. Servis ini caranya sama dengan servis biasa. Tetapi, pukulan mendadak dicambukkan saat raket menyentuh kok.

Sumber pustaka : Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

6 Responses to "Macam-Macam Pukulan Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis"

  1. approach to the weaker side and vol­ley to the other (max­i­miz­ing your angle). Keep your approach low and as deep as pos­si­ble. The idea is to make your approach shot effec­tive but not try to end the point with it.Notice trends in your oppo­nents reply.

    BalasHapus