Tugas Universaler Pada Permainan Bola Voli



Bagikan:


Pemain bola voli [image by dindasr12.blogspot.co.id], 

Pada permainan bola voli, posisi pemain sangat ditentukan oleh keahlian dalam bermain, yaitu pemain yang mempunyai keahlian dalam melakukan smash-smash tajam dan kuat perposisi sebagai smasher, sedangkan pemain yang ahli dalam mengatur serangan dan memberikan passing-passing yang matang berposisi sebagai tosser atauset-upper, sementara itu pemain yang dapat membaca arah bola dari lawan biasa di posisikan sebagai libero.


Terdapat satu posisi yang diistilahkan untuk sebaian besar pemain bola voli, jika biasanya pemain yang berposisi sebagai smasher hanya jago dalam melakukan smash dan tidak begitu handal dalam melakukan passing, maka pemain ini dapat melakukan berbagai hal. Posisi pemain ini biasanya disebut dengan universaller, berikut ini penjelasan posisi pemain universaller.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Universaler adalah pemain serba guna, bisa sebagai pengumpan, bisa sebagai penyerang, dan juga bisa sebagai pemain bertahan. Seorang pemain universaler dapat bekerja dengan baik di mana pun posisinya.

Saat berada di daerah belakang, dia dapat mengambil bola dengan baik sehingga pengumpan dapat meneruskan bola kepada smasher dengan baik pula. Saat posisinya di depan ia dapat melakukan smash dan membendung serangan lawan dengan melakukan blocking.

Pemain universaller ini merupakan posisi yang seharusnya semua pemain bisa, karena pemain bola voli jangan hanya baik dalam satu teknik saja melainkan hebat pula dalam teknik lainnya sehingga taktik dan strategi dalam menyerang dan bertahan lebih bervariasi.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tugas Universaler Pada Permainan Bola Voli"

Posting Komentar