Cara Melakukan Passing Dengan Dua Tangan Dalam Bola Basket



Bagikan:


Passing dengan dua tangan [image by carajuki.com], 

Untuk memainkan olahraga bola basket, diperlukan beberapa sarana dan perlengkapan yang nantinya akan digunakan untuk bermain. Beberapa sara dan perlengkapan yang harus disediakan yaitu lapangan beserta keranjang basket (papan, ring, dan jala), serta yang terpenting ialah bola absketnya.


Selain perlengkapan yang perlu disediakan sebelum melakukan pertandingan bola basket, pemain yang bermain juga perlu untuk menguasai teknik-teknik dasar olahraga bola basket ini, jangan sampai kita bertanding tanpa menguasai teknik dasar maka kita akan kalah telak. Salah satu teknik dasar tersebut yang perlu dipelajari dan dikuasai ialah teknik dasar passing.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Teknik dasar passing dalam olahraga bola absket dapat dibedakan menjadi dua yaitu passing dengan satu tangan yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya dan passing dengan dua tangan yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Teknik dasar passing dengan menggunakan dua tangan dapat dilakukan dengan empat macam, yaitu lemparan setinggi dada, lemparan atas kepala, lemparan memantul, dan lemparan ayunan bawah. Bagaimana cara melakukan keempat teknik passing dengan dua tangan tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Lemparan setinggi dada (the two hand chest pass)

Tekniknya: bola dipegang dengan kedua tangan di depan dada dengan sikap melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk, bola ditarik ke dada sebagai awalan, kemudian didorong ke depan dengan kuat sampai kedua tangan lurus dan lecutan pergelangan tangan membantu gerak akhir.

Bersamaan dengan itu kaki belakang melangkah ke depan untuk membantu kecepatan bola. Sasaran bola adalah di antara bahu sampai pinggang penerima.

2. Lemparan atas kepala (the overhead pass)

Tekniknya: bola dipegang dengan kedua tangan dengan sikap melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk, bola ditarik ke atas kepala agak ke belakang sebagai awalan, kemudian didorong ke depan dengan kuat dan lecutkan pergelangan tangan membantu gerak akhir.

Bersamaan dengan itu kaki belakang melangkah ke depan untuk membantu kecepatan bola. Sasaran bola adalah di antara kepala sampai dada.

3. Lemparan memantul (the bounce pass)

Tekniknya: bola dipegang dengan kedua tangan di depan dada dengan sikap melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk, bola ditarik ke depan dada dengan jari-jari tangan terbuka menutupi bagian atas bola sebagai awalan, kemudian bola didorong ke lantai kira-kira 1/3 di depan teman yang diberi operan.

Dorongan dilakukan dengan kuat dan lecutkan pergelangan tangan membantu gerak akhir. Bersamaan dengan itu, kaki belakang melangkah ke depan untuk membantu kecepatan bola. Sasaran bola adalah di antara pinggang sampai dada.

4. Lemparan ayunan bawah (the underhand pass)

Tekniknya: bola dipegang dengan kedua tangan dengan sikap melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk, bola diayun ke bawah dengan kedua tangan sebagai awalan, kemudian dilempar ke depan dengan kuat sampai kedua tangan lurus dan lecutan pergelangan tangan membantu gerak akhir.

Bersamaan dengan itu, kaki belakang melangkah ke depan untuk membantu kecepatan bola. Sasaran bola adalah di antara bahu sampai pinggang penerima.

Itulah informasi singkat mengenai cara melakukan passing dengan dua tangan dalam bola basket, pada penjelasan diatas tersebut kita dapat mengetahui bahwa terdapat empat cara atau teknik dalam melakukan passing dengan dua tangan, yaitu lemparan setinggi dada, lemparan atas kepala, lemparan memantul, dan lemparan ayunan bawah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian dan menambah pengetahuan kita mengenai olahraga bola basket.





Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Passing Dengan Dua Tangan Dalam Bola Basket"

Posting Komentar