Cara melakukan Guling Depan Sikap Awal Jongkok dan Berdiri



Bagikan:


Gerakan guling depan

Guling ke depan adalah berguling ke depan lewat bagian belakang badan dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, panggul bagian belakang. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan yang paling mudah untuk dilakukan serta merupakan gerakan dasar dari senam lantai.


Cara melakukannya adalah Sikap permulaan jongkok telapak tangan menumpu pada matras; Tarik dagu ke dada letakkan tengkuk pada matras; Luruskan tungkai badan condong ke depan; Mengguling ke depan mulai dari tengkuk, punggung, kaki mengikuti gerakan badan dan Berusaha bangun dan berdiri.

Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan sikap awal jongkok dan dengan sikap awal berdiri.
1. Guling Depan dengan Sikap Awal Jongkok
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Sikap permulaan jongkok dengan kedua kaki rapat. Letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  • Luruskan tungkai badan condong ke depan tangan menumpu, bahu tarik dagu ke dada, letakkan tengkuk pada lantai lebih baik gunakan matras.
  • Gulingkan badan ke depan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul serta kaki mengikuti gerakan badan.
  • Saat punggung mengenai lantai, bengkokkan tungkai, tarik paha ke dada tangan menolak, gerakan mengguling diteruskan hingga berakhir pada sikap jongkok, tangan melekat pada tulang kering, pandangan lurus ke depan.
2. Guling Depan dengan Sikap Awal Berdiri
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Sikap awal berdiri menghadap matras, kedua lengan diluruskan ke atas di samping telinga, pandangan menghadap ke depan.
  • Meletakkan kedua telapak tangan pada matras, kedua lutut tetap dipertahankan lurus.
  • Kepala dimasukkan di antara kedua lengan, kedua sikut ditekuk ke samping, dan pundak menempel matras.
  • Saat punggung mengenai matras, tangan menolak, tungkai lurus, paha dekat dengan dada.
  • Gerakan menggulingkan ke depan dilanjutkan dengan melemparkan tungkai ke depan diikuti tolakan tangan, tumpuan tangan di samping paha dekat pantat, badan condong ke depan dagu dekat dada berakhir pada sikap berdiri badan bungkuk.

Itulah penjelasan mengenai guling depan dengan sikap awalan jongkok dan berdiri, silahkan teman-teman memilih untuk menggunakan awalan yang mana yang menurut teman-teman mudah dilakukan, apakah melakukan awalan jongkok ataukah melakukan awalan berdiri.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

4 Responses to "Cara melakukan Guling Depan Sikap Awal Jongkok dan Berdiri"