Teknik Stance dan Foot Work Pada Permainan Tenis Meja



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id]

Dalam permainan tenis meja dikenal beberapa sikap badan yang dilakukan pada saat permainan akan dimulai dan pada saat permainan dimainkan. Kedua gerakan tersebut ialah Stance dan Foot Work, apa yang dimaksud dengan Stance dan Foot Work? Berikut ini akan dijelaskan.


Adapun yang dimaksud stance dalam permainan tenis meja adalah sikap siap sedia sebelum melakukan servis, atau posisi kita sesudah memukul bola dan menanti pengembalian bola lawan. Ada dua bentuk stance utama yang biasa digunakan dalam permainan tenis meja ,yaitu :

  1. Square stance
  2. Square stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja. Posisi ini biasa digunakan dalam permainan tenis meja untuk siap menerima bola servis atau siap kembali setelah mengembalikan pukulan dari lawan.
  3. Side stance
  4. Side stance adalah posisi badan menyamping, baik ke samping kiri maupun ke samping kanan pada saat bermain tenis meja.

Leg Movement Techniques (Footwork) In Table Tennis Game, 

Secara garis besar teknik gerakan kaki dibedakan atas nomor tunggal dan nomor ganda. teknik gerakan kaki yang digunakan pada nomor tunggal tenis meja otomatis digunakan juga pada nomor ganda tenis meja. Penggunaan teknik gerakan kaki harus disesuaikan dan diantisipasi dengan jarak antara bola yang datang dengan posisi pemain tenis meja saat itu.

Jika jarak antara bola yang datang dengan posisi pemain sangat dekat, mungkin tidak usah melangkahkan kaki atau hanya satu langkah saja, tetapi bila agak jauh bisa dengan dua langkah atau tiga langkah.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknik siap siaga (stance) dan gerakan kaki (foot work) pada permainan tenis meja, apakah sekarang anda sudah mengetahui kedua teknik tersebut? Semoga postingan ini dapat mencerahkan serta dapat pula menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai permainan tenis meja.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Teknik Stance dan Foot Work Pada Permainan Tenis Meja"