Cara Melakukan Start Melayang Dalam Lari Estafet



Bagikan:


Start melayang dalam lari estafet [image by bisakali.net]

Lari estafet atau biasa juga disebut dengan lari sambung merupakan salah satu nomor yang diperlombakan dalam olahraga lari, lari estafet ini berjarak 400 meter yang terbai dalam 4 pergantian atau perpindahan tongkat, jadi setiap 100 meternya terdapat 1 pelari. Dalam beberapa kesempatan terdapat pula lari estafet dengan jarak 1.600 meter, jadi setiap 400 meter terdapat 1 perpindahan tongkat.


Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam lari estafet maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ialah penguasaan teknik start dalam lari estafet. Teknik start yang digunakan dalam alri estafet yaitu start jongkok yang dilakukan oleh pelari pertama, kemudian pada pelari selanjutnya yaitu pelari kedua, ketiga, dan keempat menggunakan start melayang.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknik start melayang (flying start) dalam lari estafet, seperti yang dibahas sebelumnya bahwa teknik start ini dilakukan oleh pelari kedua hingga pelari keempat. Caranya dengan berlari kecil sambil meminta tongkat pada pelari sebelumnya, setelah mendapatkan tongkat maka pelari tersebut melakukan gerakan lari.

Jadi, start melayang pada lari estafet disini dilakukan sambil berlari atau melayang dan setelah mendapatkan tongkat estafet tersebut pelari langsung berlari sekencang-kencangnya menuju ke pelari selanjutnya atau garis finish. Dalam perpindahan tongkat, ada dua cara perpindahan tongkat yang bisa digunakan, yaitu cara nonvisual dan cara visual.

Cara nonvisual sering digunakan oleh pelari yang sudah mengenal satu sama lain karena membutuhkan kerja sama dan saling pemahaman antarpelari. Cara ini biasa digunakan dalam lari sambung 4 × 100 meter. Dalam teknik ini, pelari menerima tongkat dengan berlari tanpa melihat tongkat yang akan diterimanya. Sedangkan cara visual, pelari menerima tongkat sambil berlari dan melihat tongkat yang diberikan oleh pelari sebelumnya. Teknik ini biasanya digunakan pada nomor 4 × 400 meter.

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Melakukan Start Melayang (Flying Start) Dalam Lari Estafet, semoga dapat difahami dan dapat dimengerti. Jika ada pertanyaan silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang terdapat dibawah postingan ini.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

4 Responses to "Cara Melakukan Start Melayang Dalam Lari Estafet"

  1. Mengapa start melayang di lakukan dalam lari estafet? Apa alasannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mempermudah pada saat perpindahan tongkat estafet antara pelari pertama dan pelari kedua serta pelari ketiga dan keempat..

      Hapus
  2. Mengapa start melayang di lakukan dalam lari estafet? Apa alasannya?

    BalasHapus
  3. Karena dalam start melayang dibutuhkan kecepatan atau daya kejut dalam melanjutkan lomba lari tersebut.

    BalasHapus