Teknik Melakukan Pukulan Forehand Drive dan Backhand Drive Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id],

Salah satu teknik dasar yang penting dalam permainan tenis meja ialah teknik dasar pukulan. Untuk mematikan dan mendapatkan poin serta mengembalikan bola dari lawan pemain tenis meja mengndalkan teknik pukulan yang sangat baik.


Terdapat beberapa teknik dasar pukulan dalam permainan tenis meja, salah satunya yaitu pukulan Drive. Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:

Terdapat dua jenis pukulan drive dalam permainan tenis meja, yaitu Forehand drive dan Backhand drive, cara melakukan kedua pukulan drive tersebut akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini :

1. Forehand drive

Cara melakukan pukulan Forehand drive dalam permainan tenis meja adalah : Mengambil posisi side stance, kaki kiri agak ke depan, kedua bahu searah dengan arah kedudukan kaki. Lengan membentuk sudut 160 derajat pada siku, mulai memukul dengan pukulan sedikit di belakang sebelah bawah bola.

Dengan bergerak maju, bet tenis meja akan menyentuh bola pada waktu bola berada di titik ketinggiannya, seluruh pukulan diperkuat dengan rotasi tubuh dari pinggang ke atas. Pukulan ini diakhiri dengan lengan membentuk sudut 90 derajat pada siku.

2. Backhand drive

Cara melakukan pukulan Backhand drive dalam permainan tenis meja adalah : Mengambil posisi side stance, seperti pada forehand drive, namun kaki kiri agak ke depan. Kedua bahu searah dengan kedudukan kaki. Pukulan ini dimainkan dengan gerakan yang mengarah ke depan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Pukulan Forehand Drive dan Backhand Drive Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center"

Posting Komentar