Teknik Cara Melakukan Terjun ke Air dari Tepi Kolam



Bagikan:


Loncat Indah [Image by foto.news.viva.co.id], 

Selain renang, cabang olahraga air yang juga banyak digemari adalah loncat indah atau fancy diving. Olahraga ini merupakan perpaduan dari beberapa gerakan senam dan kelenturan tubuh yang diperagakan di atas air. Beberapa gerakan senam yang diperagakan, antara lain salto ke depan, salto ke belakang, salto ke dalam, skrup, dan lain-lain.


Olahraga loncat indah di Indonesia berada di bawah naungan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Walaupun demikian, loncat indah mempunyai teknik dan gaya tersendiri yang berbeda dengan renang. Loncat indah adalah kegiatan meloncat ke kolam renang dari papan loncat yang mempunyai tinggi bervariasi yaitu dari papan terendah (1 sampai dengan 4 meter) sampai dengan menara (5 sampai dengan 10 meter).

Sebelum berlatih loncat indah dengan menggunakan papan loncatan, terlebih dahulu kita dapat belajar melakukan loncat indah dari tepi kolam. Cara melakukan terjun ke air dari tepi kolam ada beberapa macam, di antaranya sebagai berikut.

  1. Terjun ke depan dari posisi berdiri.
  2. Terjun dengan bantuan hulahop.
  3. Terjun satu kaki.
  4. Terjun dari posisi berlutut.
Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Cara Melakukan Terjun ke Air dari Tepi Kolam"

Posting Komentar