Teknik Melakukan Pukulan Forehand Push dan Backhand Push Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id],

Permainan tenis meja merupakan permainan yang mengandalkan pukulan dalam permainannya, maka dari itu untuk dapat mematikan serta mengembalikan bola dari lawan kita harus menguasai teknik dasar dalam tenis meja khususnya teknik pukulan.


Push adalah teknik memukul bola tenis meja dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push dan chop dari lawan. Ada 2 jenis pukulan push, yaitu Forehand push dan Backhand push, cara melakukan kedua pukulan Push tersebut adalah sebagai berikut:

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:
1. Forehand push
Cara melakukan Pukulan Forehand Push dalam permainan tenis meja adalah :
  • Kaki sebelah kiri terletak sedikit di depan kaki sebelah kanan. Jarak antara kedua kaki sedikit lebih lebar daripada jarak kedua bahu. Bahu diputar ke sisi sedemikian rupa sehingga searah dengan arah kaki. Bet tenis meja harus dipegang agak miring ke depan disesuaikan dengan datangnya bola.
  • Ayunkan lengan mulai dari samping sebelah kanan bawah, ke depan atas sampai berakhir di sisi telinga sebelah kiri, dengan diikuti gerakan badan menuju arah bola. Pukullah pada saat bola mencapai titik tertinggi.
2. Backhand push
Cara melakukan pukulan Backhand Push dalam permainan tenis meja adalah :
  • Kaki sebelah kanan terletak sedikit di depan kaki kiri, jarak antara kedua kaki sedikit lebih lebar daripada kedua bahu.
  • Ayunkan lengan kanan yang memegang bet mulai dari samping kiri bawah menuju depan atas, kemiringan bet disesuaikan dengan datangnya bola, perkenaan bolanya sebelum bola mencapai titik tertinggi.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Pukulan Forehand Push dan Backhand Push Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center"

Posting Komentar