Bentuk Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki



Bagikan:


squath jump [image by coachmag.co.uk], 
Jika sebelumnya kita membahas latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas, nah pada kali ini kita akan mebahas tentang latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian wabah. Anggota badan bagian bawah yang akan kita latih adalah otot kaki.

Kaki merupakan salah satu anggota badan yang mempunyai fungsi yang sangat besar yaitu menopang tubuh kita, dengan kaki yang kuat kita akan mudah melakukan aktifitas sehari-hari. Beberapa manfaat jika mempunyai kaki yang kuat adalah berjalan semakin nyaman, berlari juga terasa ringan dan cepat, menaiki tangga tidak mudah capek, dan lainnya.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
Untuk mendapatkan otot kaki yang kuat maka harus melakukan beberapa latihan khusus untuk melatih kekuatan otot kaki, beberapa bentuk latihan untuk kekuatan otot kaki antara lain latihan squath jump, latihan naik turun kotak (boks) dan melompat, latihan berjingkat, dan latihan lompat tali. Beikut ini akan dijelaskan cara melakukan latihan kekuatan otot kaki tersebut.


1. Bentuk latihan untuk kekuatan otot kaki dengan latihan squath jump
Cara melakukan:
Lakukan gerak melompat ke atas sehingga dua kaki lurus dan saat turun kedua lutut agak ditekuk dengan posisi pinggul agak turun. Lakukan sebanyak 8 kali hitungan.

2. Bentuk latihan untuk kekuatan otot kaki dengan latihan naik turun kotak (boks) dan melompat
Cara melakukan:
Lakukan gerakan naik turun kotak (boks) dengan cara menggunakan kaki satu per satu dan pada saat kedua kaki berada di atas kotak (boks) kedua kaki harus lurus, kemudian lanjutkan dengan gerak lompat dua kaki. Lakukan gerakan sebanyak 8 kali hitungan dengan arah loncatan ke samping kiri dan samping kanan.

3. Bentuk latihan untuk kekuatan otot kaki dengan latihan berjingkat
Cara melakukan:
Lakukan gerakan berjingkat (engklek) dengan jarak 10 m.


4. Bentuk latihan untuk kekuatan otot kaki dengan latihan lompat tali
Cara melakukan:
  • Gerakan lompat tali untuk perorangan dapat dilakukan dengan cara dilempar maupun sambil berjalan.
  • Tali karet panjangnya 2 m, kedua ujung tali dipegang oleh setiap siswa, sedangkan tali yang bagian tengah dibiarkan di lantai.
  • Tali diputar ke arah depan dan melambung. Pada saat tali menyentuh lantai, kaki melompati tali dengan cara bergantian atau kedua kaki secara bersamaan.
  • Lakukan lompatan sebanyak 10x dengan cepat dan benar.
Sumber referensi : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki"

Posting Komentar