Cara Memasuki Garis Finish yang Banyak Dilakukan Oleh Atlet Lari Jarak Pendek



Bagikan:


cara memasuki garis finish yang banyak dilakukan oleh atlet lari jarak pendek [image by pickthebrain.com]

Salah satu teknik yang menentukan keberhasilan pelari jarak pendek dalam melakukan lari ialah cara mereka dalam memasuki garis finish. Cara memasuki garis finish dalam lari jarak pendek berbeda oleh setiap pelari, walaupun kebanyakan pelari banyak melakukan cara ini.


cara memasuki garis finish yang banyak dilakukan oleh atlet lari jarak pendek yang dimaksud ialah dengan mencondongkan kepala kedepan, sehingga banyak kasus bahwa kepala pelari jarak pendek yang pertama memasuki garis finish. Akan tetapi, terdapat juga beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasuki garis finish.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Jarak Pendek dibawah ini:
Beberapa hal tersebut antara lain berlari secepatnya tanpa mengubah sikap lari atau memperlambat lari hingga memasuki garis finish, kita juga tidak boleh menengok lawan pokoknya pandangan fokus ke garis finish.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

Tanggung Jawab dan Posisi Seorang Penangkap Bola (Catcher) Dalam Permainan Softball



Bagikan:


Tanggung Jawab dan Posisi Seorang Penangkap Bola (Catcher) Dalam Permainan Softball [image by news.wisc.edu]
Catcher adalah penjaga yang berada di belakang pemukul untuk menangkap bola. Berikut ini tanggung jawab seorang catcher.
  1. Menangkap setiap lambungan bola yang dilakukan pitcher.
  2. Mengarahkan permainan defensif dan strategi yang digunakan oleh keseluruhan anggota tim.
  3. Mengetahui kelemahan pemukul dan menerapkan strategi yang tepat untuk memanfaatkannya.
  4. Menangkap bola yang dipukul dan melambung/ menggelinding di dekat posisinya. Posisi catcher adalah di antara home plate dan back stop, dengan posisi jongkok di belakang pemukul dan mengenakan sarung tangan khusus.

Seorang catcher yang baik memenuhi kriteria-kriteria berikut ini.
  1. Memiliki daya refleksi yang baik dan memiliki kemampuan melempar bola secara tepat ke setiap base yang dituju.
  2. Memiliki kecepatan dan kesigapan menanggapi setiap peluang yang diperoleh timnya.
  3. Mengetahui karakter dan tipe bermain pitcher-nya, sehingga catcher dapat mengarahkan pitcher dalam mengambil suatu tindakan. Oleh karena itu, seorang catcher bertugas untuk memberitahu pitcher menentukan tipe lemparan yang cocok untuk menghadapi seorang pemukul (batter).
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pemain softball dan tugasnya" berikut ini :
Sumber pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

Cara Melakukan Gerakan atau Sikap Pesawat Terbang Dengan Benar | EdukasiCenter



Bagikan:


Cara melakukan gerakan atau sikap pesawat terbang dengan benar ~ 

Pasti teman-teman tidak asing lagi dengan gerakan yang satu ini, gerakan atau sikap pesawat terbang atau banyak juga yang menamakannya sikap kapal terbang sering sekali di lakukan disekolah pada saat mata pelajaran olahraga.


Sikap gerakan yang dilakukan menyerupai kapal terbang ini adalah biasanya untuk melatih keseimbangan atau balance, karna sikap ini cocok sekali dalam melatih keseimbangan tubuh. Dalam pelaksanaannya sering sekali atau bahkan selalu tidak sempurna melakukan sikap kapal terbang.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Kesalahan biasanya terjadi karna saat melakukan gerakan atau sikap tersebut, kita tidak melakukannya dengan sempurna atau dengan benar. Biasanya tangan tidak direntangkan dengan sempurna, kaki yang diangkat ke belakang kurang lurus, serta tubuh yang kurang membungkuk.

Lalu bagaimana cara melakukan gerakan sikap kapal terbang atau pesawat terbang dengan benar? Adapun cara melakukannya ialah lakukan dengan cara yang biasanya, yaitu dengan membungkuk dan rentangkan tengah kesamping dengan lurus, kemudian angkat salah satu kaki lurus ke belakang, sama lurusnya dengan badan yang membungkuk.

Nah itulah cara melakukan gerakan sikap pesawat terbang atau kapal terbang, dengan melakukan gerakan sikap ini, teman-teman jadi bisa mengukur sejauh mana tingkat keseimbangan teman-teman dalam melakukan gerakan sikap pesawat terbang.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

Penjelasan Tentang Cara Melakukan GuIing Depan serta Urutan Melakukan Gerakan Guling Depan | EdukasiCenter



Bagikan:


Penjelasan Tentang Cara Melakukan GuIing Depan serta Urutan Melakukan Gerakan Guling Depan ~  

Sebenarnya sudah banyak artikel di blog ini yang membahas tentang gerakan guling depan, jika teman-teman ingin membaca postingan yang berhubungan dengan gerakan guling depan, teman-teman bisa langsung melihat di label Guling Depan.


Gerakan guling ke depan atau biasa disebut juga guling depan, merupakan gerakan dasar dalam olahraga senam, khususnya pada senam lantai dan senam ketangkasan. dengan cara melakukan gerakan guling depan yang diawali dengan jongkok atau berdiri kemudian menggulingkan badan kedepan.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Lalu bagaimana cara melakukan gerakan guling ke depan atau guling depan? Adapun urutan cara melakukan gerakan guling depan atau guling ke depan adalah sebagai berikut.
  1. Sikap awal dimulai dengan jongkok, kedua lengan lurus ke depan, kemudian simpan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu dan dagu kenakan ke dada.
  2. Kedua tungkai diluruskan, usahakan berat badan ada pada kedua tangan.
  3. Kemudian, letakkan pundak di atas matras. Setelah itu, tolakkan kedua tungkai sampai badan tubuh mengguling. Sebelum kedua kaki mendarat, peganglah lutut dengan kedua tangan.
  4. Sikap akhir guling depan ialah jongkok seperti sikap semula.

Nah, itulah cara melakukan guling ke depan atau guling depan dalam olahraga senam lantai, semoga penjelasan singkat diatas mengenai cara melakukan gerakan guling depan serta urutan melakukan gerakan guling depan dapat bembantu teman-teman dalam memahami gerakan dasar senam lantai ini.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya: