Peraturan Handball Dalam Sepak Bola



Bagikan:


Peraturan Handball Dalam Sepak Bola (www.gdnonline.com)

Sepakbola merupakan salah satu permainan yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari sebelas orang per tim, sehingga perlu adanya wasit untuk mengontrol jalannya permainan agar berjalan sesuai dengan aturan yang ada.


Disetiap permainan sepak bola tidak lepas dari berbagai macam pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemain, salah satu pelanggaran tersebut ialah Handball. Handball adalah ketika pemain dengan sengaja memegang bola, sehingga pelanggaran handball ini diganjar dengan hukuman.

Untuk menentukan pelanggaran handball, batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak. Tidak setiap sentuhan tangan/lengan pemain dengan bola merupakan pelanggaran. Merupakan pelanggaran Handball jika seorang pemain melakukan hal berikut:

  1. Pemain dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan/lengan, misalnya menggerakkan tangan/lengan ke arah bola
  2. Pemain menyentuh bola dengan tangan/lengannya ketika telah membentuk tubuhnya lebih besar secara tidak wajar. Seorang pemain dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar secara tidak wajar ketika posisi tangan/lengannya bukan merupakan konsekuensi dari, atau dapat dibenarkan oleh, gerakan tubuh pemain untuk situasi tertentu tersebut. Dengan menempatkan tangan/lengan mereka dalam posisi seperti itu, pemain mengambil risiko tangan/lengan mereka terkena bola dan dihukum.
  3. Pemain membuat skor di gawang lawan, dengan ketentuan:
    • membuat skor langsung dari tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja.
    • segera setelah bola menyentuh tangan/lengan mereka, meskipun secara tidak sengaja.

Hukuman untuk pemain yang melakukan handball yaitu tendangan bebas, jika tangan pemain menyentuh bola di luar daerah gawangnya sendiri;dan tendangan penalti, jika pemain bertahan dan tangannya menyentuh bola di daerah gawangnya sendiri.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Handball Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar