Peraturan Dalam Tendangan Penalti Dalam Sepak Bola



Bagikan:


Peraturan Dalam Tendangan Penalti Dalam Sepak Bola (www.goal.com)

Terdapat beberapa hal yang diatur dalam pertandingan sepak bola agar membuat pertandingan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan semangat fair play. Salah satu peraturan dalam permainan sepak bola adalah dalam hal melakukan tendangan penalti, aturan ini berlaku untuk pemain yang akan melakukan tendangan penalti dan penjaga gawang. Apa saja aturan dalam tendangan penalti? berikut ini penjelasan singkatnya.


Tendangan penalti diberikan jika seorang pemain melakukan pelanggaran tendangan bebas langsung di dalam area penalti mereka atau di luar lapangan sebagai bagian dari permainan sebagaimana diuraikan dalam Hukum 12 dan 13. Gol dapat dicetak langsung dari tendangan penalti.

Bola harus diam di titik pinalti dan tiang gawang, mistar gawang dan jaring gawang tidak boleh bergerak. Pemain yang melakukan tendangan penalti harus diidentifikasi dengan jelas. Kiper bertahan harus tetap berada di garis gawang, menghadap penendang, di antara tiang gawang, hingga bola ditendang.

Kiper tidak boleh berperilaku dengan cara yang mengganggu penendang secara tidak adil, misalnya menunda pengambilan tendangan atau menyentuh tiang gawang, mistar gawang atau jaring gawang. Para pemain selain penendang dan penjaga gawang harus:

  1. setidaknya 9,15 m (10 yds) dari tanda penalti
  2. di belakang tanda penalti
  3. di dalam lapangan permainan
  4. di luar area penalti

Setelah para pemain mengambil posisi sesuai dengan Hukum ini, wasit memberi isyarat untuk dilakukan tendangan penalti. Pemain yang melakukan tendangan penalti harus menendang bola ke depan; backheeling diperbolehkan asalkan bola bergerak maju.

Saat bola ditendang, penjaga gawang yang bertahan harus memiliki setidaknya sebagian dari satu kaki menyentuh, sejajar dengan, atau di belakang, garis gawang. Bola dalam permainan saat ditendang dan bergerak dengan jelas. Penendang tidak boleh memainkan bola lagi sampai telah menyentuh pemain lain.

Tendangan pinalti selesai ketika bola berhenti bergerak, keluar dari permainan atau wasit berhenti bermain untuk pelanggaran apapun.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Dalam Tendangan Penalti Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar