Latihan Teknik Dasar Servis Panjang dan Pendek Dalam Permainan Bulu Tangkis



Bagikan:


Play Badminton [Image by my-much.blogspot.com], 

Teknik dasar servis dalam bulu tangkis dapat dikuasai dengan baik apabila dilakukan latihan-latihan secara terus menerus. Berikut ini variasi dan kombinasi beberapa model latihan pembelajaran servis panjang dan pendek yang dapat dilakukan oleh pemain bulu tangkis.


Latihan ini dapat dilakukan dengan modifikasi lapangan yang disesuaikan dengan keadaan pemain seperti satu lapangan digunakan latihan untuk dua pasang pemain, net agak direndahkan, dan sebagainya.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:
Latihan 1
Dalam latihan 1 ini kita akan melakukan servis panjang, pendek forehand, serta backhand dengan cara berpasangan tanpa net. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Pemain A melakukan servis ke arah pemain B.
  2. Pemain B menangkap bola, kemudian mengembalikan teknik servis.
  3. Demikian latihan dilakukan seterusnya dengan menggunakan teknik servis panjang dan pendek secara bergantian hingga masing-masing pemain dapat menguasai.
Latihan 2
Pada latihan yang ke 2 ini kita akan melakukan servis panjang, pendek, forehand, dan backhand melewati tali atau net yang dipasang melintang di depan secara berpasangan atau dengan formasi berbanjar. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Para pemain berdiri berhadapan menghadap net.
  2. Pemain A melakukan servis ke arah pemain B.
  3. Pemain B membiarkan bola jatuh ke pemain A dengan menggunakan teknik servis.
  4. Demikianlah latihan ini dilakukan hingga masing-masing pemain menguasai.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Dasar Servis Panjang dan Pendek Dalam Permainan Bulu Tangkis"

Posting Komentar