Latihan Variasi Keterampilan Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Ilustrasi bola voli [image by Alidzakyalarief.Com]

Dalam melakukan serangan pada permainan bola voli, sangat perlu untuk melakukan beberapa variasi supaya serangan yang akan kita lakukan sulit terbaca oleh pemain lawan. Maka dari itu latihan-latihan variasi atau kombinasi harus selalu dilakukan antar pemain.


Variasi atau kombinasi merupakan gabungan beberapa hal (teknik dasar) yang dilakukan dalam satu rangkaian gerakan, dengan tujuan agar anak didik dapat memperkirakan efek dari passing, smash, blocking, dan servis.

1. Variasi passing dengan smash
Cara pelaksanaannya sebagai berikut.
  • Dilakukan berpasangan.
  • Siswa A melakukan teknik passing atas tegak lurus, setelah bola turun lakukan passing bawah dengan arah bola tegak lurus setelah bola turun sebatas jangkauan tangan, lakukan teknik pukulan smash ke arah siswa B di depannya.
  • Begitu seterusnya bergantian, siswa B melakukan ke arah siswa A.
2. Variasi teknik pukulan servis/smash dengan teknik blocking
Cara pelaksanaannya sebagai berikut.
  • Dilakukan dua regu berpasangan saling berhadapan dibatasi dengan net bergantian.
  • Regu A siswa paling depan melakukan servis atas/smash, lalu lari ke belakang barisan regunya, giliran berikutnya teman belakangnya, begitu seterusnya.
  • Regu B siswa paling depan melakukan teknik blocking, lalu lari ke belakang barisan regunya, dilanjutkan teman belakangnya siap melakukan blocking begitu seterusnya.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Variasi Keterampilan Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar