Tanya Jawab Seputar Olahraga Atletik



Bagikan:


Tanya Jawab Seputar Olahraga Atletik ~ Atletik yang terdiri dari jalan, lari, lompat dan lempar dikatakan sebagai cabang olahraga yang paling tua usianya dan disebut juga sebagai”ibu atau induk” dari semua cabang olahraga dan sering juga disebut sebagai Mother of Sports. Alasannya karena gerakan atletik sudah tercermin pada kehidupan manusia.

Saat ini olahraga atletik di Indonesia kurang berkembang, hanya olahraga lari yang kadang-kadang mempunyai prestasi yang dapat membanggakan. Akan tetapi untuk cabang olahraga lainnya dalam atletik masih belum menonjol, hal ini disebabkan sarana dan prasarana yang belum maksimal. Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban seputar olahraga atletik.

1. Tuliskan cara melakukan gerakan start berdiri pada lari jarak menengah!

Jawab: Adapun cara melakukan start berdiri pada lari jarak menengah yaitu sebagai berikut :
  • Sikap permulaan, yaitu waktu aba-aba "bersedia", pelari maju ke depan dengan menempatkan salah satu kaki depan di belakang garis start.
  • Badan condong ke depan.
  • Kedua lengan tergantung lemas dengan siku sedikit agak dibengkokkan.
  • Pada waktu aba-aba "ya" atau bila dalam perlombaan mendengar bunyi tembakan pistol start, maka pelari berlari secepat-cepatnya dengan menolakkan dan melangkahkan kaki kanan ke depan, bersamaan dengan mengayunkan tangan kiri ke depan dan tangan kanan ke belakang.
2. Jelaskan teknik memegang tongkat pada lari estafet!

Jawab: Teknik memegang tongkat estafet dibedakan menjadi dua yaitu berikut ini.
  • Teknik Memegang Tongkat ketika Akan Start
    • Tongkat dipegang dengan pangkal ibu jari, jari kelingking, dan jari manis sehingga ketika start, ibu jari dan jari telunjuk menjadi tumpuan berat badan di atas garis start.
    • Memegang tongkat dengan pangkal ibu jari dan jari tengah sehingga ketika start ibu jari dan telunjuk menjadi tumpuan berat badan di atas garis start.
  • Teknik Memegang Tongkat ketika Akan Diberikan ke Pelari Selanjutnya
  • Memberikan Tongkat Teknik ini adalah tongkat dipegang agak ke ujung belakang.
3. Sebutkan jenis start dalam nomor lari!

Jawab: Terdapat beberapa macam start dalam nomor lari, macam-macam start tersebut ialah Start berdiri (standing start), Start melayang (flying start), dan Start jongkok (cruched start).

4. Sebutkan teknik melayang pada lompat jauh!

Jawab: Teknik melayang pada lompat jauh disesuaikan dengan gaya yang digunakan oleh atlit itu sendiri. Jika ia menggunakan gaya jongkok maka pada saat melayang diudara ia seolah-olah sedang jongkok dengan kaki ditekuk, sedangkan jika ia menggunakan gaya menggantung maka pada saat melayang ia seolah-olah sedang menggantung dengan tangan lurus keatas, dan jika ia menggunakan gaya berjalan diudara maka pada saat melayang ia seolah-olah sedang berjalan dengan kaki digerakkan.

5. Sebutkan nomor lari jarak pendek yang diperlombakan dalam olahraga atletik?

Jawab: Dalam lari jarak pendek diperlombakan beberapa nomor yang dibedakan berdasarkan jarak tempuh berlari. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari jarak pendek yaitu lari 100 m, 200 m, dan 400 m.

6. Bagaimana akhir gerakan cara menolak peluru gaya belakang?

Jawab: Akhir gerakan tolak peluru gaya belakang/o'brien:
  • Kaki kanan digerakkan ke depan menggantikan kaki kiri.
  • Tumpuan berpindah pada kaki kanan.
  • Badan condong ke depan.
  • Kaki kiri di belakang badan tergantung rileks dengan lutut tertekuk, pandangan ke arah tolakan.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tanya Jawab Seputar Olahraga Atletik"

Posting Komentar