2 Macam Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Teknik blocking [image by www.tutorialolahraga.com], 

Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kerja sama tim, akan tetapi jika hanya mengandalkan kerja sama tim tanpa menguasai teknik dasar dalam permainan ini maka tidak ada gunanya. Kadang skill yang dimiliki oleh setiap pemain dapat membawa tim yang mereka bela akan mendapatkan kemenangannya.


Pada permainan bola voli terdapat beberapa teknik yang utama, yaitu servis, passing, smesh (spike), serta blocking. Teknik Bloking merupakan teknik yang dilakukan untuk menghalangi pukulan smash lawan dengan cara merentangkan kedua tangan pada tempat yang diduga menjadi jalannya bola dan teknik membendung dapat dilakukan sendiri maupun dua atau tiga orang di dekat net.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Pemain yang biasa melakukan bloking disebut dengan bloker, biasanya pemain ini mempunyai tubuh yang tinggi sehingga dengan mudah dapat mempersempit area pukulan smash lawan sehingga bola yang dipukul dapat ditahan.

Pada permainan bola voli biasanya teknik ini tidak begitu banyak variasi atau macamnya, akan tetapi jika kita perhatikan maka dapat kita ketahui teknik bloking lainnya. Teknik bloking biasanya dengan menghalau atau menghadang bola yang dipukul oleh spiker atau smasher lawan sehingga bola yang dihalau tadi akan jatuh ke area permainan lawan.

Akan tetapi pada teknik bloking lainnya, jika pukulan yang dipukul oleh spiker atau smasher tadi susah untuk diblok maka setidaknya bola yang dipukul oleh spiker lawan mengenai tangan bloker. Teknik block ini biasa juga disebut dengan Soft Block.

Walaupun bola dapat lewat akan tetapi kecepatan bola yang dipukul oleh spiker lawan tadi dapat diantisipasi oleh pemain lainnya sehingga dapat menjadi keuntungan untuk melakukan serangan balik yang dapat menambah poin.

Cara bloking yang kedua ini memang tidak selalunya dapat berhasil, sama dengan cara bloking yang pertama, akan tetapi cara ini bisa menjadi alternatif jika bloking yang dilakukan selalu ditembusi oleh spiker lawan.

Secara umum, cara melakukan teknik bloking dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut.
  • Berdiri menghadap net, kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan di depan dada dengan sikut tertutup.
  • Kedua kaki menolak secara bersamaan, kedua lengan diluruskan ke atas dengan jari-jari tangan terbuka dan jarak kedua tangan + sebesar diameter bola.
  • Posisi pergelangan tangan disesuaikan dengan arah datangnya bola.
  • Mendarat menggunakan kedua ujung telapak kaki secara bersama- sama dan kedua lutut mengeper.
  • Bersamaan dengan itu kedua lengan diturunkan melalui depan dada dan pandangan mengikuti gerakan bola.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "2 Macam Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli"

  1. agak sulit juga yah, cuma boleh di coba

    http://www.pagiasia.com/ (Berita Terkini)

    BalasHapus