Cara melakukan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Teknik passing bawah [image by dikatama.com], 

Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua regu atau tim, dimana masing-masing tim tersebut diperkuat oleh enam orang pemain. Olahraga bola voli ini cukup populer dimainkan oleh masyarakat, bisa dibilang bola voli ini merupakan salah satu olahraga populer di Indonesia.


Tidak begitu sulit untuk memainkan olahraga bola voli ini, akan tetapi akan lebih baik jika sebelum memainkannya kita terlebih dahulu menguasai beberapa teknik mendasar dari olahraga ini. Terdapat beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain bola voli, salah satunya ialah teknik passing atau teknik mengumpan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Teknik passing ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu passing atas dan passing bawah. Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang  bagaimana cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli, nah pada postingan kali ini kita akan membahas cara melakukan passing bawah dalam permainan bola voli.

Passing bawah adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan secara bersamaan di depan badan. Adapun tahapan-tahapan dalam melakukan passing bawah dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut.

  • Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola.
  • Gerakan: dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan.
  • Akhir gerakan: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.

Walaupun Pada umumnya melakukan passing atau umpan bawah dalam permainan bola voli dilakukan dengan cara berdiri, akan tetapi passing atau umpan bawah ini dapat dilakukan dalam segala kondisi misalnya melakukan passing dengan posisi jongkok  atau sambil menjatuhkan badan.




Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara melakukan passing bawah dalam permainan bola voli, semoga postingan singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga bola voli.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara melakukan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar