Cara Melakukan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Passing atas [image by tsugi-no-sedai.waper.co], 

Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim diperkuat oleh enam orang pemain. Pada umumnya cara bermain bola voli sangat mudah, bola hanya dimainkan dengan tangan dan tidak lebih dari tiga kali sentuhan. Bola voli juga dapat dimainkan di dalam dan diluar ruangan.


Untuk dapat memainkan permainan bola voli dengan baik, setiap pemain perlu untuk menguasai beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli, salah satunya ialah teknik passing atau mengumpan. Pasing adalah usaha seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu untuk mengoperkan bola ke teman seregunya untuk dimainkan di lapangan permainan sendiri.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Dalam permainan bola voli, teknik Passing atau mengumpan dibedakan menjadi dua yaitu passing atas dan passing bawah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang passing atas, passing atas atau biasa disebut juga dengan istilah set up adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan di atas depan kepala secara bersamaan.

Passing atas ini pula biasa digunakan oleh pemain untuk memberikan atau mengumpankan bola yang akan di smesh. Untuk lebih jelasnya berikut ini tahapan-tahapan atau cara melakukan passing atas dalampermainan bola voli.

  • Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan, posisi lengan di depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk di depan atas muka (wajah).
  • Gerakan: dorong kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas wajah. Perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai ujung jari-jari tangan.
  • Akhir gerakan: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.



Itulah sedikit penjelasan mengenai cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli, inti dari keberhasilan melakukan passing atas ini ialah pada gerakan tangan yang mengangkat bola ke atas. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian, ikuti terus postingan kami selanjutnya di blog ini.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar