Cara Memegang Simpai Dengan Pegangan Biasa (Overgrip) Dalam Senam Irama | EdukasiCenter



Bagikan:


Cara memegang simpai dengan pegangan biasa (Overgrip), 

Senam Irama atau ritmik merupakan bagian dari salah satu senam yang ditetapkan oleh Federation Internationale de Gymnastic. Senam irama yaitu senam yang dalam pelaksanaannya disertai musik nyanyian menurut irama dengan gerakan yang dilakukan.


Gerakan pada senam irama dilakukan dengan luwes, berkesinambungan dan sesuai dengan ritme (irama) yang mengiringinya. Gerakan dapat dilakukan secara kombinasi jalan, lari, lompat, loncat, mengayun, berputar yang menimbulkan keindahan gerakan. Senam Irama juga biasa dilakukan dengan menggunakan alat berupa tali, tongkat, dan simpai.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Khusus untuk Senam Irama dengan menggunakan Simpai, simpai yang digunakan menggunakan ukuran diameter 80 - 90 cm, tebal 8 - 12 mm, dan berat 300 gram. Warna dari simpai juga bermacam-macam dan cerah, seperti merah, kuning, dan hijau.

Agar supaya gerakan senam irama dengan menggunakan simpai dapat dilakukan dengan luwes maka pesenam perlu untuk menguasai tekniknya, teknik yang perlu untuk dikuasai oleh pesenam yaitu teknik memegang  simpai. Teknik memegang simpai dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya yaitu cara memegang simpai dengan pegangan biasa (Overgrip).

Bagaimana cara memegang simpai dengan pegangan biasa? Pegangan biasa (over grip), yaitu cara memegang simpai dalam senam irama dengan menggunakan satu atau dua tangan dengan telapak tangan menghadap bawah. Cara memegang simpai ini dapat dikombinasikan dengan cara pegangan lainnya sehingga menghasilkan gerakan yang sangat indah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara memegang simpai dengan pegangan biasa (overgrip) dalam senam irama, semoga penjelasan singkat ini dapat membantu anda dalam mempelajari senam irama dengan pegangan biasa.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Memegang Simpai Dengan Pegangan Biasa (Overgrip) Dalam Senam Irama | EdukasiCenter"

Posting Komentar