Pengertian Gerakan Ball Toss Dalam Olahraga Tenis dan Cara Melakukannya



Bagikan:


gambar ilustrasi Ball toss tennis [image by tennis.newssurge.com],
Olahraga tenis berlangsung di lapangan berbentuk persegi panjang. Ada beberapa jenis lapangan tenis. Diantaranya lapangan rumput, lapangan keras yang berbahan dasar aspal atau beton, dan lapangan tanah liat. Ukuran lapangan tenis berbeda untuk nomor tunggal dan ganda. Untuk nomor tunggal, panjang lapangan 23,77 meter dan lebarnya 8,23 meter. Sementara itu, untuk nomor ganda menggunakan lapangan dengan panjang 23,77 meter dan lebar 10,97 meter.

Pukulan servis adalah pukulan pertama yang mengawali permainan. Pukulan servis sangat menentukan dalam perolehan nilai atau poin. Ada beberapa macam servis dalam tenis, antara lain flat servis, slice service, dan american servis. Pada saat akan memukul bola, seorang pemain akan melakukan gerakan dengan mengangkat bola ke udara, dalam olahraga tenis gerakan tersebut disebut dengan gerakan ball toss.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
Gerakan ball toss yaitu salah satu gerakan yang dilakukan pada saat akan melakukan servis dalam olahraga tenis, gerakan ini pada dasarnya dilakukan dengan melempar atau melambung atau melepaskan bola ke atas dengan tangan dan dipukul menggunakan raket. Gerakan ball toss ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Tahap persiapan
  • Berdiri menyamping sikap melangkah (kaki kiri di depan kaki kanan di belakang dengan sudut lebih 45 derajat dengan net.
  • Jarak antara kedua kaki di buka selebar bahu.
  • Tangan kiri memegang bola tenis dengan longgar menggunakan ujung ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
  • Pandangan ke arah depan.

2. Tahap pelaksanaan

Angkat tangan kiri (yang memegang bola) ke atas lurus setinggi bahu dan lepaskan bola dan tangan saat posisi setinggi mata hingga bola melambung setinggi kurang lebih 1 m.


3. Tahap gerakan
  • Tangan yang melambungkan bola mengikuti arah ke mana gerak bola.
  • Pandangan mengikuti bola.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian gerakan ball toss serta cara melakukannya dalam olahraga tenis, silahkan teman-teman langsung praktekkan dirumah atau dilapangan tenis, karena dengan membaca teori saja belum cukup sebelum dipraktekkan langsung di lapangan.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Gerakan Ball Toss Dalam Olahraga Tenis dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar