Latihan Melakukan Smash Dalam Bola Voli



Bagikan:


Teknik smash[image by www.satujam.com], 

Permainan bola voli dimainkan dengan menggunakan tangan, semua teknik dasar dalam permainan bola voli menggunakan tangan untuk memukul bola atau mengumpan bola ke lawan. Untuk medapatkan poin atau angka setiap tim harus berusaha untuk membuat bola menyebrang ke lapangan lawan dan jatuh ke bidang permainan lawan.


Pada umumnya poin yang didapat dalam permainan bola voli sebagian besar didapat dari pukulan kertas yang disebut dengan smash. Pukulan smash ini diawali oleh passing atas atau operan atas teman didepan net dan ketika bola terangkat dan posisinya lebih tinggi dari net maka seorang pemain lagi melompat dan memukul bola tersebut sekeras-kerasnya, itulah yang disebut dengan smash.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Smash adalah memukul bola ke lapangan lawan, sehingga bola bergerak melewati atas jaring dan menyebabkan lawan sulit untuk mengembalikan bola. Smash yang paling efektif selama permainan berlangsung adalah dengan cara memukul bola dari atas jaring yang disebut spike.

Smash yang baik yaitu memukul bola sekuat-kuatnya sehingga susah untuk di block oleh pemain lawan. Walaupun teman sangat baik dalam melakukan operan passing atas untuk memancing pemain lainnya untuk melakukan smash, akan tetapi rencana tersebut akan gagal jika pemain yang akan melakukan teknik smash tersebut tidak begitu menguasai dalam hal smash.

Olehnya itu latihan yang rutin akan sangat baik untuk penguasaan teknik smash. Berikut ini contoh latihan dalam melakukan smash.

Latihan 1
Memantulkan bola ke depan bawah mengguanakan dua tangan dan dilanjutkan dengan satu tangan. Diawali pinggang melentingkan ke belakang.

Latihan 2
Memukul (smash) bola ke lantai dengan bola dilambungkan oleh teman dari depan dan dilanjutkan dari samping. Latihan ini dilakukan secara berpasangan atau kelompok.

Latihan 3
Memukul (smash) bola melewati atas net atau tali dengan bola dilambungkan sendiri. Latihan ini dilakukan dari depan dekat tali atau net.

Latihan 4
Memukul (smash) bola melewati atas net atau tali dengan bola dilambungkan oleh teman dari depan dilanjutkan dari samping. Latihan dilakukan secara berpasangan atau kelompok.

Latihan 5
Memukul (smash) bola dilambungkan oleh teman (bola diumpan dengan passing atas dan bawah).
  1. Latihan ini diawali gerakan awalan (langkah menolak dan memukul).
  2. Bola diarahkan ke sasaran.

Itulah beberapa bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk lebih menguasai lagi dalam melakukan smash, teknik smash ini dapat berhasil jika dilakukan oleh dua orang pemain, dimana pemain tersebut sudah mengetahui keinginan atau umpan yang sangat disukai oleh pemain yang akan melakukan smash. Nah disinilah manfaat latihan yang dilakukan secara rutin tersebut.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Melakukan Smash Dalam Bola Voli"

Posting Komentar