Latihan Melakukan Passing Dalam Bola Voli



Bagikan:


Teknik passing [image by serbaserbibolavoli.blogspot.com], 

Dalam permainan bola voli dikenal taktik bertahan dan mehyerang, taktik bertahan biasanya dilakukan oleh sebuah tim dengan cara melakukan block-block terhadap pemain lawan yang akan melakukan serangan misalnya smash.


Blocking tersebut dapat dilakukan didepan atau dibelakang ketika pemain yang memblock didepan net tidak dapat membendung bola, maka pemain yang dibelakang lah yang akan berusaha membendungnya. Sementara itu taktik menyerang dilakukan sebuah tim dengan melakukan rencana yang sangat matang dengan diawali dengan sebuah passing sehingga pemain lainnya dapat menembus pertahanan lawan.

Maka dari itu kenapa teknik passing ini sangat penting saat menyerang, disebabkan karena pada umumnya sentuhan pertama dan kedua bola dilakukan dengan passing sedang sentuhan ketiga pada bola biasanya dilakukan dengan smash keras.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Passing adalah pukulan atau pengambilan bola yang dilakukan dengan dua tangan dan perkenaan bola antara ruas-ruas jari yang kedua dari tangan dengan ruas ibu jari yang pertama. Pada umumnya teknik dasar passing dalam olahraga bola voli dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu passing atas dan passing bawah.

Teknik passing ini sangat berguna dalam pertandingan bola voli, jika tidak menguasainya bisa-bisa saat kita melakukan umpan atau passing kepada pemain yang hendak melakukan smash maka akan gagal karena passingnya kurang tinggi. Nah untuk itu setiap pemain diharuskan untuk secara rutin melakukan latihan-latihan passing. Berikut ini beberapa contoh latihan passing.

Latihan 1
Passing atas dan bawah bergerak maju, mundur, dan menyamping.
  1. Bola dilambung oleh teman.
  2. Dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.
Latihan 2
Passing atas dan bawah menggunakan dua bola voli.
  1. Bola dilambungkan oleh teman.
  2. Dilakukan secara bergantian dan berpasangan.
Latihan 3
Passing atas dan bawah secara langsung.
  1. Dilakukan secara berpasangan kemudian dilanjutkan beregu (kelompok berbanjar).
  2. Pemain yang telah melakukan passing bergerak lari berpindah tempat.
Latihan 4

Passing atas dan passing bawah secara langsung dalam formasi berbanjar melewati atas net. Setelah Setelah melakukan passing bergerak lari berpindah ke barisan di hadapan ke bagian belakang.

Itulah beberapa bentuk latihan melakukan passing dalam permainan bola voli, latihan-latihan tersebut bisa anda lakukan untuk lebih mengasah lagi kemampuan dalam hal passing. Dengan menguasai teknik passing maka semua skema menyerang yang akan dilakukan akan berhasil.




Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Melakukan Passing Dalam Bola Voli"

Posting Komentar