Tujuan dan Cara Melakukan Teknik Menghentikan Bola ( Stopping ) Dalam Sepak Bola | Edukasi Center



Bagikan:


gambar Teknik menghentikan bola [image by thousand-feet.blogspot.co.id],

Olahraga sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak disukai, mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai olahraga ini. Ada yang hanya suka menyaksikan dan ada pula yang suka memainkan olahraga ini. Untuk memainkan olahraga ini caranya gampang-gampang susah, kita perlu menguasai beberapa teknik dasarnya agar dapat dengan mudah memainkannya.


Terdapat beberapa teknik dasar dalam olahraga sepak bola, salah satunya ialah teknik menghentikan bola (stopping). Teknik menghentikan bola yang baik ialah jika bola yang kita hentikan tersebut istilahnya "lengket" di kaki atau pantulan bola tidak jauh dari jangkauan, beda halnya jika kita tidak menguasai teknik ini maka bola yang kita hentikan arah pantulannya jauh dari jangkauan dan dapat dengan mudah diambil oleh lawan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola. Penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuannya mengontrol bola, mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing.

Adapun gerakannya adalah sebagai berikut.
  • Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
  • Kaki mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Kaki yang dipakai menghentikan bola diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan ke depan segaris dengan datangnya bola.
  • Bola menyentuh kaki di bagian dalam/mata kaki.
  • Kaki penghenti mengikuti arah bola (followthtough).
Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan punggung kaki, paha, dada, serta kepala.

Sumber pustaka: Aktif Berolahraga 3/Tugimin, Joko Supriyanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tujuan dan Cara Melakukan Teknik Menghentikan Bola ( Stopping ) Dalam Sepak Bola | Edukasi Center"

Posting Komentar