Teknik Cara Memegang Tongkat Estafet Dalam Lari Estafet | Edukasi Center



Bagikan:


Teknik memegang tongkat estafet [image by ginarisajeng.blogspot.co.id], 
Lari estafet atau lari sambung merupakan nomor lari dalam cabang olahraga atletik. Lari sambung/lari estafet adalah lari beregu yang pelarinya secara bersambung (estafet) bergantian membawa tongkat estafet dari garis start sampai dengan finish. Pada nomor ini tiap regu terdiri atas empat atlet. Sebagai nomor beregu diperlukan kerja sama yang baik terutama dalam pemberian dan penerimaan tongkat.

Selain kekompakan regu, strategi penempatan pelari dan teknik-teknik lari jarak pendek pada lari sambung juga sangat mempengaruhi kecepatan. Salah satu teknik yang penting untuk diperhatikan dan dipelajari pada lari estafet ialah teknik memegang tongkat, jika dilakukan dengan asal-asalan maka tongkat yang kita pegang akan terjatuh dan itu tidak menguntungkan untuk pelari.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Estafet dibawah ini:
Teknik memegang tongkat estafet ini juga sangat penting pada saat melakukan perpindahan tongkat antar pemain, perlu teknik dan cara khusus dalam memegang tongkat tersebut agar mudah dipindahkan dan tongkat tersebut dapat dengan mudah diterima oleh teman.

Ujung tongkat dipegang dengan tangan kiri atau kanan menurut kebutuhan atau pegangan yang dirasakan enak oleh pelari, sedangkan ujung yang lain dipegang oleh penerima berikutnya. Teknik memegang tongkat estafet dibedakan menjadi berikut ini.


1. Teknik Memegang Tongkat ketika Akan Start
  • Tongkat dipegang dengan pangkal ibu jari, jari kelingking, dan jari manis sehingga ketika start, ibu jari dan jari telunjuk menjadi tumpuan berat badan di atas garis start.
  • Memegang tongkat dengan pangkal ibu jari dan jari tengah sehingga ketika start ibu jari dan telunjuk menjadi tumpuan berat badan di atas garis start.

2. Teknik Memegang Tongkat ketika Akan Diberikan ke Pelari Selanjutnya
Memberikan Tongkat Teknik ini adalah tongkat dipegang agak ke ujung belakang.



Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Teknik Cara Memegang Tongkat Estafet Dalam Lari Estafet | Edukasi Center"

  1. mau nanya. yang teknik no 2 ketika akan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknik memegang tongkat ketika akan diberikan/dioper ke pemain/pelari selanjutnya.

      Hapus