Teknik Awalan Pada Lompat Tinggi Gaya Flop



Bagikan:


Lompat tinggi gaya flop [image by cikguazemi.blogspot.co.id], 

Lompat tinggi atau high jump merupakan salah satu nomor pada olahraga atletik, selain lompat tinggi terdapat pula nomor lainnya yang tergolong dalam nomor lompat dalam atletik yaitu lompat jangkit, lompat galah, dan lompat jauh. Tujuan dari olahraga ini ialah dengan melakukan lompatan setinggi-tingginya hingga melewati mistar batas, semakin tinggi lompatan maka semakin baik.


Dalam olahraga lompat tinggi terdapat beberapa gaya yang sering digunakan oleh atlet lompat jauh, diantaranya gaya gunting, gaya guling, gaya putar, dan gaya flop. Lompat tinggi gaya flop mulai populer sejak Richard Fosbury dengan gaya tersebut berhasil menjadi juara Olimpiade di Mexico City pada tahun 1968.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Oleh karenanya gaya lompat tinggi itu juga disebut Fosbury Flop. Cara melewati mistar dengan gaya flop merupakan kebalikan dari gaya straddle. Kalau lompatan straddle bergulingnya di atas mistar dengan perut menghadap ke bawah (ke arah mistar), maka pada gaya flop melewati mistar dengan punggungnya yang menghadap ke bawah.

Agar supaya mendapat lompatan yang maksimal dan baik dengan menggunakan lompatan dengan gaya flop maka ada beberapa tahap yang penting untuk diperhatikan dan dikuasai, salah satunya ialah pada tahap awalan melakukan lompat tinggi gaya flop.

Awalan pada gaya flop arahnya dari depan, tegak lurus terhadap letak mistar. Awalan dari depan menuju tiang sandaran mistar sebelah kanan. Pada langkah-langkah terakhir mengubah arah serong ke kiri, tidak lagi lurus pada letak mistar. Adapun cara melakukannya sebagai berikut.

  • Melakukan awalan dengan berlari dengan sebagian lurus dan sebagian lagi melengkung.
  • Berlari 3 – 6 langkah pada bagian yang lurus. Tambahkan kecepatan lari dengan langkah lebar dan penuh kekuatan.
  • Condongkan badan ke arah dalam pada bagian yang melengkung. Bahu lebih rendah pada bagian lengkung daripada bahu di luar lengkungan.
  • Teruskan menambah kecepatan lari dengan langkah-langkah yang penuh kekuatan. Dengan penekanan khusus dorongan kuat pada langkah terakhir (menjelang bertolak).




Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Awalan Pada Lompat Tinggi Gaya Flop"

Posting Komentar