Pengertian dan Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola



Bagikan:


gambar Semprotan penanda tendangan bebas [image by www.beritasatu.com],

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana setiap tim nya beranggotakan sebelas orang pemain, pada lapangan persegi panjang dengan ukuran tertentu. Inti dari olahraga sepak bola ialah kedua tim memasukkan bola ke gawang lalwan sebanyak-banyaknya.


Pada umumnya olahraga sepak bola dapat menggunakan semua anggota tubuh dalam memainkan, kecuali tangan. Jika menggunakan tangan dalam bermain sepak bola maka akan mendapatkan pelanggaran dari wasit dan tim lawan akan mendapat hadiah tendangan bebas.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Berbicara tentang tendangan bebas, sering sekali kita melihat dalam suatu pertandingan sepak bola adanya tendangan bebas yang diberikan kepada sebuah tim yang pemainnya dilanggar oleh tim lainnya. Dan pada saat dilakukannya tendangan bebas tersebut ada pemain yang lawan yang bertindak sebagai pagar hidup untuk menghalau tendangan bebas tersebut dengan jarak yang telah ditentukan.

Apa sebenarnya tendangan bebas tersebut, tendangan bebas dalam olahraga sepak bola diartikan sebagai tendangan yang bebas dari gangguan lawan sekurang-kurangnya sejauh 9,15 meter. Tendangan bebas diberikan karena disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh pemain.

Tendangan bebas terdiri atas tendangan bebas langsung (dapat mencetak gol secara langsung) dan tendangan bebas tidak langsung. Artinya, tendangan pada gawang tidak dapat dihitung angkanya, sampai bola disentuh pemain lain. Pada saat tendangan bebas lawan harus berada 9,5 m dari bola, kecuali pada tendangan tidak langsung kurang dari 9,5 m.

Saat ini terdapat penambahan alat dalam hal pelaksanaan tendangan bebas, yaitu adanya semprotan penanda tendangan bebas. Semprotan ini berbentuk seperti busa atau krim yang dapat hilang sendiri setelah beberapa lama, fungsinya ialah untuk menandai letak pemain lawan yang menjadi pagar penghalang dan letak bola tendangan bebas.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar