Prinsip dan Kegunaan Melakukan Teknik Heading Dalam Sepak Bola



Bagikan:


gambar Teknik heading dalam sepak bola [image by www.tutorialolahraga.com],

Sepak bola atau Football atau biasa juga disebut dengan soccer, saat ini merupakan olahraga yang paling digemari diseluruh dunia. Setiap event olahraga pasti mempertandingkan olahraga ini dan setiap pertandingannya pasti mendapat perhatian dari banyak orang, event yang baisa mempertandingkan olahraga sepak bola seperti Olympiade, Asian Games, Sea Games, dan PON (Pekan Olahraga Nasional.


Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, dimana setiap tim mempunyai sebelas pemain, itulah kenapa tim sepak bola juga biasanya disebut dengan kesebelasan sepak bola. Sepak bola dimainkan dilapangan khusus untuk sepak bola, lapangan dibagi oleh garis tengah dan terdapat dua buah gawang disisi kanan dan kiri. Bola yang digunakan pada umumnya terbuat dari bahan kulit, setiap tim berusaha untuk memasukkan bola kedalam gawang untuk mendapatkan skor.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Banyak orang yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional, selain dikenal oleh banyak orang, pemain sepak bola profesional yang mempunyai skill dan keahlian yang baik bisa mendapatkan bayaran yang tinggi dari club yang mengontraknya. Untuk menjadi pemain sepak bola yang hebat, seseorang harus melakukan latihan teknik-teknik dasar sepak bola.

Salah satu teknik dasar yang perlu juga dipelajari dan dikuasai oleh setiap pemain sepak bola ialah teknik menyundul bola. Pada umumnya, terdapat beberapa prinsip dari teknik menyundul bola atau heading dalam sepak bola, beberapa prinsip heading tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lari menjemput arah datangnya bola, pandangan mata tertuju ke arah bola.
  • Otot-otot leher dikuatkan/dikeraskan.
  • Bagian badan yang digunakan untuk menyundul bola adalah dahi, yaitu daerah kepala di atas kedua kening (alis) di bawah rambut kepala.
  • Badan ditarik ke belakang melengkung pada daerah pinggang, kemudian dengan gerakan seluruh tubuh, yaitu kekuatan otot-otot perut, kekuatan dorongan panggul dan kekuatan kedua lutut, kaki diluruskan, badan diayun ke depan sehingga dahi dapat mengenai bola.
  • Pada waktu menyundul bola, mata tetap terbuka tidak boleh dipejamkan, selalu mengikuti arah datangnya bola dan mengikuti ke mana bola diarahkan, selanjutnya diikuti dengan gerak lanjutan untuk segera lari mencari posisi.

Teknik menyundul bola atau heading mempunyai beberapa kegunaan atau keuntungan jika bisa menguasainya dengan baik, karena dapat sangat berbahaya didepan gawang lain dan menjadi andalan saat adanya tendangan sudut dan servis bola mati. Beberapa kegunaan dari teknik menyundul bola adalah sebagai berikut:

  • meneruskan bola atau mengoperkan bola kepada teman atau operan jarak pendek;
  • memasukkan bola ke mulut gawang lawan (membuat gol);
  • memberikan umpan kepada teman di depan gawang lawan untuk membuat gol;
  • menyapu bola di daerah pertahanan sendiri untuk mematahkan serangan lawan (mempertahankan daerah gawang sendiri).
Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Prinsip dan Kegunaan Melakukan Teknik Heading Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar