Tugas Smasher Pada Permanan Bola Voli



Bagikan:


Smasher dalam bola voli [image by www.berposting.com], 

Bola voli merupakan salah satu jenis permainan bola besar. Permainan bola voli dilakukan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas enam pemain. Dalam permainan bola voli, setiap regu saling memantulkan bola yang melewati atas net atau jaring. Setiap regu berusaha mematikan gerakan lawan sehingga tidak mampu mengembalikan bola dari pukulan atau pantulan bola dari lawan.


Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai ialah teknik smash atau spike. Smash atau spike memrupakan senjata yang paling ampuh untuk mematikan lawan, makanya regu yang mempunyai pemain yang memiliki smash yang kuat pasti akan menang.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Pukulan smash juga merupakan taktik untuk menyerang dalam permainan bola voli dan biasanya dilakukan didepan net dan diawali dengan passing dari tosser dan dieksekusi dengan memukul bola sekuat tenaga ke daerah yang. Pemain yang melakukan smash disebut dengan smasher, apa saja tugas seorang smasher? Berikut ini penjelasannya.

Tugas smasher adalah sebagai penyerang maka keterampilan utama yang harus dimiliki, yaitu kemampuan memukul dengan berbagai macam variasi. Posisi smasher selalu di depan (posisi 2 dan 4) sehingga sekaligus sebagai blocker atau pembendung serangan lawan. Untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik, seorang smasher harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Langkah awalan untuk meloncat tidak terlalu lebar sehingga tidak mengurangi kekuatan kaki dalam menolak.
  2. Tidak tergesa-gesa melangkah maju sebelum bola diumpan (agar tidak melompat di bawah bola).
  3. Tidak meloncat di bawah bola sehingga pukulan dapat dilakukan dengan kekuatan penuh.
  4. Meloncat dengan tekukan lutut yang tepat (tahap terakhir dari awalan) agar ketinggian lompatan dapat maksimal.
  5. Memukul bola dengan lengan lurus, telapak tangan terbuka, dan pergelangan tangan aktif (lentur).
  6. Mendarat dengan kedua kaki dan menjaga keseimbangan badan.



Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tugas Smasher Pada Permanan Bola Voli"

Posting Komentar