Teknik Dasar Dribble dan Shooting Dalam Olahraga Handball



Bagikan:


Olahraga bola tangan [image by www.cnnindonesia.com], 
Teknik Dasar Dribble dan Shooting Dalam Olahraga Handball ~ Olahraga bola tangan atau handball memrupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu dimana masing-masing regu mempunyai tujuh orang pemain termasuk satu orang penjaga gawang. Olahraga ini hampir mirip dengan olahraga sepakbola dalam bentuk dan ukuran lapangan serta olahraga bola basket dalam teknik bermain.

Untuk memainkan olahraga handball atau bola tangan, setiap pemain peprlu dan wajib untuk menguasai teknik-teknik dasar dalam olahraga ini. Jika pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang teknik dasar operan atau passing, kali ini kita akan membahas tentang teknik dasar menggiring (dribble) dan teknik dasar menembak (shooting).

Teknik Dasar Menggiring (Dribble)


Menggiring atau mendribbel bola adalah upaya membawa bola dengan cara memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu atau dua tangan. Pada permainan bola tangan seorang pemain diperkenankan melangkah sebanyak 3 langkah sambil memegang bola setelah memantulkan bola pada saat berlari.

Namun, diperbolehkan juga menggiring seperti pada permainan bola basket. Kegunaan menggiring adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.


Teknik Dasar Menembak (Shooting)


Menembak (shooting) adalah upaya seorang pemain untuk memasukkan bola ke gawang. Ditinjau dari posisi badannya terhadap papan maka shooting dibedakan sebagai berikut.
  • Menembak dengan sikap berdiri (standing shoot).
  • Menembak dengan sikap melayang (flying shoot).
  • Menembak sambil menjatuhkan badan ke depan (dive shoot).
  • Menembak sambil membalik (reverse shoot).

Itulah informasi singkat mengenai teknik dasar menggiring (dribble) dan teknik dasar menembak (shooting) dalam olahraga bola tangan (handball), semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga bola tangan ini.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Dribble dan Shooting Dalam Olahraga Handball"

Posting Komentar