Macam-Macam Teknik Dasar Passing Dalam Olahraga Bola Tangan



Bagikan:


Olahraga bola tangan (handball) [image by xi-nuansa.blogspot.co.id], 
Olahraga bola tangan atau handball mungkin masih asing dalam sebagian masyarakat Indonesia karena memang olahraga ini tidak begitu populer, mungkin hanya segelintir orang saja yang meminkannya dan lapangannya pun terbatas jumlahnya.

Permainan bola tangan adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas 7 orang pemain. Cara memainkannya dengan tangan (digiring dan dilempar), kemudian berusaha memasukkan bola ke gawang lawan untuk mendapatkan nilai. Permainan bola tangan merupakan perpaduan dari permainan sepak bola dan permainan bola basket.

Dalam jumlah pemain dan lapangan, olahraga ini mengadaptasi dari olahraga sepak bola yang mempunyai luas lapangan bola tangan dan sepak bola hampir sama, yang membedakannya hanya pada garis dalam lapangannya saja. Sementara itu teknik dasar dalam permainan ini diadaptasi dari olahraga bola basket yang menggunakan tangan membawa, mengoper, dan melempar bola.

Dalam olahraga bola tangan atau handball terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain, salah satu teknik dasar tersebut ialah teknik dasar lempar tangkap bola atau passing. Cara mmelakukan pasing dalam olahraga bola tangan hampir sama dengan bola basket hanya sedikit saja yang membedakannya.

Teknik dasar lempar tangkap bola atau passing dalam olahraga bola tangan atau handball ada dua macam, yaitu passing dengan satu tangan dan dengan dua tangan. Kedua macam passing tersebut terbagi lagi menjadi beberapa bentuk teknik passing, yaitu:

1. Passing dengan dua tangan terdiri atas
  • operan setinggi dada (the two hand chest pass);
  • operan atas kepala (the overhead pass);
  • operan pantulan (the bounce pass);
  • operan ayunan bawah (the underhand pass);
  • operan bergulir di tanah (the underhand pass).

2. Passing dengan satu tangan terdiri atas
  • operan samping (the side arm pass);
  • operan belakang (reverse pass);
  • operan lompat (the jump hand pass).

Itulah informasi singkat mengenai macam-macam teknik dasar passing dalam olahraga bola tangan atau handball, semoga informmasi tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga bola tangan atau handball tersebut.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.



Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Teknik Dasar Passing Dalam Olahraga Bola Tangan"

Posting Komentar