Sejarah Singkat Perkembangan Olahraga Tenis Meja | EdukasiCenter



Bagikan:


gambar Permainan tenis meja tempo dulu [image by thebutterflybalcony.blogspot.com],

Tenis meja atau yang sering disebut dengan ping pong ini cukup banyak diminati di Indonesia. Permainan ini masuk dan dikenal di Indonesia kira-kira pada tahun 1930, yang dibawa oleh penjajah Belanda pada saat itu. Di Indonesia terdapat organisasi yang membawahi olahraga ini yang diberi nama PTMSI (Persatuan tenis meja Seluruh Indonesia) didirikan pada tahun 1958. Berikut ini sejarah singkat perkembangan permainan tenis meja di Dunia.


Sejarah tenismeja sendiri berawal di Inggris. Situs pongworld menyebutkan bahwa pingpong dimulai sebagai hobi sosial di Inggris yang mencuat akhir 1800-an. Meja makan dan bola yang terbuat dari gabus menjadi perangkat pertama yang digunakan. Boleh jadi mereka menyebut permainan itu sebagai gossima. Ketika abad berganti, permainan itu pun mengalami sejumlah perubahan di Inggris.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:

Belakangan, ada yang memperkenalkan bola seluloid pada permainan itu, sedangkan yang lain menambahkan karet pada bet yang terbuat dari kayu. Sayang, permainan ini mulai kehilangan popularitas. Tapi secara bersamaan muncul satu gerakan simultan yang dimulai dari sejumlah kawasan di dunia berupaya menghidupkan kembali Pingpong sebagai olahraga serius pada 1922. Hasilnya, terbentuklah Federasi Tenismeja Internasional (ITTF) yang terdiri 140 negara anggota pada 1926.

Olahraga ini pun segera menyebar ke Jepang dan negara Asia lain. Jepang pun mendominasi olahraga tersebut pada 1950-1960-an. Namun, Cina langsung mengejar ketertinggalan. Sekitar 1960-an dan 1970-an, Cina menguasai sendiri tenismeja.

Tapi, setelah tenismeja menjadi cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade pada 1980-an, negara lain seperti Swedia dan Korea Selatan turut masuk dalam jajaran papan atas dunia. Istilah kata pingpong merupakan nama resmi dari tenismeja untuk Republik Rakyat Cina, namun di Indonesia juga tidak asing lagi dengan istilah pingpong.

Permainan pingpong sama dengan permainan badminton, yaitu menggunakan raket, namun raket bola pingpong terbuat dari papan dan dilapisi dengan karet atau sering disebut bat (baca bet). Sejarah tenismeja masuk ke Asia melalui Republik Indonesia mendirikan PPPSI (Persatuan Pingpong Seluruh Indonesia).

Dan sejak itu, Perkembangan tenismeja di Indonesia hingga sekarang bisa dikatakan cukup pesat. Kini permainan tenismeja sudah dikenal di seluruh dunia, namun pemain perlu dibekali dengan prinsip dasar yang baik, pemain yang memiliki prinsip dasar yang baik dalam bermain cenderung akan bermain dengan baik pula.

Sumber pustaka : Roji dan Eva Yulianti.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: buku siswa SMP/MTs Kelas VIII semester 1 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sejarah Singkat Perkembangan Olahraga Tenis Meja | EdukasiCenter"

Posting Komentar