Teknik Over Head Pass (Operan di Atas Kepala) Dalam Permainan Bola Basket | Edukasi Center



Bagikan:


ilustrasi permainan bola basket [image by www.cnnindonesia.com], 

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang teknik bounce pass (operan pantul) dan teknik chest pass (operan setinggi dada), bagi teman-teman yang belum membacanya silahkan membacanya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu dari beberapa teknik operan dalam permainan bola basket yaitu teknik over head pass.


Operan di atas kepala atau dalam bahas inggrisnya disebut over head pass merupakan salah satu teknik operan yang terdapat dalam permainan bola basket yang mengirim atau mengoper bola melalui atas kepala lawan. Teknik ini digunakan pada saat penjagaan lawan terhadap kita sangat ketat sehingga kita sulit untuk melakukan operan chest pass maupun bounce pass.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Over head pass melambungkan bola diatas kepala lawan sehingga lawan sulit untuk meraihnya, biasanya teknik ini dimulai dengan gerakan mengecoh lawan dengan berpura-pura akan memberikan operan setinggi dada tapi ternyata memberikan operan di atas kepala kepada teman.

Adapun cara melakukan teknik over head pass atau operan di atas kepala yaitu pertama-tama berdiri dengan kedua kaki dibuka agak lebar, salah satu kaki di depan, dan punggung lurus; bola dapat dipegang kedua tangan atau satu tangan di atasbelakang kepala; lemparkan bola ke depan sehingga bentuk lemparan bola melambung atau membentuk kurva; supaya lemparan keras dan kuat, bantu dengan lecutan badan.

Itulah beberapa informasi dan cara melakukan teknik over head pass atau operan di atas kepala) dalam permainan bola basket, teknik operan ini cukup banyak digunakan oleh para pemain basket profesional dalam bermain dan pastinya teman-teman juga dapat melakukannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian, nantikan postingan kami selanjutnya di blog ini.

Tinjauan pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs/ Jaja Sudarja Husdarta, Eli Maryani; ilustrator, Tim Redaksi.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Over Head Pass (Operan di Atas Kepala) Dalam Permainan Bola Basket | Edukasi Center"

Posting Komentar