Pengertian Senam Irama | EdukasiCenter



Bagikan:


Senam irama dengan alat [image by fajarsumatera.co.id], 

Senam irama merupakan bagian dari aktivitas ritmik. Aktivitas ritmik adalah rangkaian gerak manusia yang dilakukan dalam ikatan pola irama yang disesuaikan dengan perubahan tempo atau semata-mata gerak ekspresi tubuh yang megikuti iringan musik atau ketukan di luar musik.


Sementara itu, pengertian senam irama secara umum yaitu rangkaian gerakan senam yang deselaraskan dengan irama. Irama tidak harus berupa musik, bisa juga berupa ketukan atau hitungan yang teratur sebagai pedoman ritme gerakan. Oleh karena itu, ada yang menyebut senam irama sebagai senam ritmik, tetapi sebenarnya aktivitas ritmik memiliki cakupan yang lebih luas.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Senam irama tidak bisa dilepas dari ritme (rhytme). Sifat ritme yaitu tidak terputus-putus atau mengalir terus sehingga gerakan senam irama atau senam ritmik merupakan gerakan yang tidak terputus-putus. Hal ini menjadi titik persoalan dan tuntutan pada senam irama, yaitu memperindah gerakan melalui koordinasi antara irama dan gerakan, serta membangun dan membuat variasi gerakan.

Ada dua elemen penting dalam gerakan senam irama yaitu irama dan maat. Irama adalah pengulangan bagian-bagian yang menyerupai, sedangkan maat adalah pengulangan bagian-bagian yang sama. Disinilah peran senam irama untuk bisa menyalurkan hasrat bergerak menjadi gerakan tak terhambat dan membuat gerakan sebebas-bebasnya dengan sewajar-wajarnya.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Senam Irama | EdukasiCenter"

Posting Komentar