Macam-Macam Gerakan Mengayun Simpai Dalam Senam Irama Dengan Simpai | Edukasi Center



Bagikan:


Gambar macam-macam gerakan mengayun simpai dalam senam irama, 

Senam irama merupakan senam yang gerakannya selaras dengan lantunan irama. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tidak menggunakan alat, salah satu alat yang biasa digunakan dalam senam irama adalah Simpai.


Ada beberapa gerakan dalam senam irama dengan menggunakan simpai yang perlu diketahui, salah satu gerakannya adalah gerakan mengayun. Gerakan mengayun simpai dalam  senam irama dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut ini macam-macam gerakan mengayun simpai dalam senam irama dengan menggunakan simpai.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.
1. Gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri
Cara melakukan gerakan mengayun simpai ke kanan dan ke kiri adalah sebagai berikut.
  • Sikap permulaan dengan berdiri di atas kaki kanan, kaki kiri ke samping kiri, simpai di tangan kanan.
  • Pada saat melakukan gerakan, ayunkan simpai ke samping kiri, kemudian ayunkan kembali simpai ke samping kanan, setelah itu putar badan ke arah kanan seperempat putaran, ayunkan simpai ke arah kanan badan melalui bawah.
  • Lakukan gerakan yang sama dengan sikap permulaan simpai di tangan kiri, kemudian ulangi gerakan tersebut beberapa kali.
2. Gerakan mengayun simpai ke depan dan ke belakang
Cara melakukan gerakan mengayun simpai ke depan dan ke belakang, adalah sebagai berikut.
  • Sikap permulaan dengan berdiri diatas kaki kanan, ujung kaki kiri di samping tumit kanan, simpai dipegang tangan kanan lurus di depan badan.
  • Pada saat gerakan, ayunkan simpai ke belakang melalui bawah samping kanan badan, sambil membungkukkan badan, dan letakkan tumit kiri ke lantai. Setelah itu Kembali ke sikap semula. Begitu seterusnya dan kerjakan gerakan ini dengan simpai dipegang dengan tangan kiri.
  • Ulangi gerakan tersebut secara bergantian tangan yang memegang simpai dan lakukan beberapa kali.
3. Gerakan mengayun simpai silang ke kiri dan ke kanan
Cara melakukan gerakan mengayun simpai silang ke kiri dan ke kanan, adalah sebagai berikut.
  • Sikap permulaan dengan berdiri di atas kaki kanan, ujung kaki kiri di samping tumit kanan, simpai dipegang tangan kanan lurus di depan badan.
  • Pada saat melakukan gerakan, ayunkan simpai silang ke kiri melalui bawah, bungkukkan badan sedikit. kemudian ayunkan kembali ke sikap semula. Begitu seterusnya dan kerjakan gerakan ini dengan simpai dipegang tangan kiri.
  • Ulangi gerakan tersebut secara bergantian tangan yang memegang simpai dan lakukan beberapa kali.
4. Mengayun simpai sambil melangkah
Cara melakukan gerakan mengayun simpai sambil melangkah, adalah sebagai berikut.
  • Sikap permulaan berdiri dengan kaki kanan, sedangkan kaki berdiri dengan ujung jari di belakang. Simpai dipegang dengan tangan kanan di depan tubuh.
  • Pada saat gerakan, ayunkan simpai disamping kiri tubuh. Pada saat bersamaan kaki kiri diayunkan ke depan. Kemudian kembali ke sikap semula, lalu ayunkan simpai ke depan. Setelah itu ayunkan kembali simpai ke arah belakang, dan kembali ke sikap semula.
  • Ulangi gerakan dengan arah dan cara memegang simpai sebaliknya.
Sumber pustaka : Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Gerakan Mengayun Simpai Dalam Senam Irama Dengan Simpai | Edukasi Center"

Posting Komentar