Cara Melakukan Tembakan Melayang (Lay up Shoot) Dalam Permainan Bola Basket



Bagikan:


Lay up shoot [image by kampuspjok.xyz], 

Tembakan ini lebih kompleks dibanding dengan tembakan dengan meloncat. Gerakannya terdiri atas lari, loncat, langkah, lompat dan menembak. Cara melakukannya yang benar adalah sebagai berikut.


Dimulai dari menangkap bola sambil melayang, mendarat satu kaki depan, melangkahkan kaki yang lain, melompat mendekati basket sampai memasukkan bola ke basket, baik dengan satu tangan maupun dua tangan, cara memasukkan bola dapat langsung ke basket atau melalui pantulan papan yang telah disediakan.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Tembakan bisa melalui satu tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas atau menghadap ke arah basket, atau dengan satu tangan di atas kepala. Di dalam melakukan tembakan lay up, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Saat menerima bola harus dalam keadaan melayang.
  • Langkah pertama harus lebar atau jauh untuk keseimbangan, langkah kedua pendek untuk memperoleh awalan tolakan yang kuat agar dapat meloncat setinggi-tingginya.
  • Saat melepaskan bola untuk tembakan, bola harus dilepas (dilecutkan) dengan kekuatan lecutan ujung jari. Sebaiknya bola memantul pada papan pantul di sekitar garis tegak sebelah kanan pada petak kecil di atas basket, bila dilakukan dari sebelah kanan simpai. Bila dilakukan dari sebelah kiri maka pantulan bola juga pada papan sebelah kiri sampai dekat dengan garis tegak di samping kiri simpai.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Tembakan Melayang (Lay up Shoot) Dalam Permainan Bola Basket"

Posting Komentar