Cara Melakukan Tembakan Dengan Satu Tangan Sambil Meloncat Dalam Permainan Bola Basket | Edukasi Center



Bagikan:


Ilustrasi Basket [Image by www.beritasatu.com],

Selain teknik menembak bola dengan dua tangan sambil melompat, terdapat pula teknik menembak bola sambil melompat dengan satu tangan. Kedua cara ini hampir sama, hanya saja yang satu menggunakan dua tangan dan teknik lainnya hanya menggunakan satu tangan.


Jenis tembakan ini merupakan tembakan yang cukup sulit dilakukan, karena merupakan gerakan yang kompleks. Gerakan ini terdiri atas unsur loncatan, tembakan, dan ketepatan waktu pada saat melepaskan bola. Kombinasi ketiga unsur inilah yang menunjukkan keberhasilan tembakan.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Menembak sambil meloncat dibagi menjadi dua macam, salah satunya yaitu menembak dengan satu tangan sambil meloncat. Cara melakukan menembak dengan satu tangan sambil meloncat adalah sebagai berikut.

  1. Posisi berdiri kaki selebar bahu dengan memegang bola pada dua tangan seperti akan menembak satu tangan.
  2. Tekuk lutut sehingga badan agak merendah.
  3. Bersamaan dengan mengangkat bola untuk ditembakkan, tolakkan badan lurus ke atas sehingga posisi berdiri di udara dengan kaki lurus.
  4. Pada saat titik tertinggi, sesaat berhenti di udara (sebelum kembali turun), itulah gerakan mendorong bola dengan meluruskan tangan kanan dan melecutkan bola dengan ujung-ujung jari menuju ke arah basket sebagai satu tembakan.
  5. Jangan lupa gerakan lanjutan dan mendarat lagi dengan dua kaki.
  6. Pandangan selalu mengikuti jalannya bola.

Kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan tembakan satu tangan adalah loncatan kurang tinggi, melepas bola dengan gerakan meloncat, bola di samping kepala dan keseimbangan belum mantap, serta melepas bola bersamaan dengan naiknya badan ke atas (belum mencapai titik tertinggi).





Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Tembakan Dengan Satu Tangan Sambil Meloncat Dalam Permainan Bola Basket | Edukasi Center"

Posting Komentar