Cara Melakukan Teknik Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Servis Lompat [image by volleyball-life.com],

Servis merupakan serangan pertama dalam permainan bola voli. Ada dua macam tipe servis atas, yaitu tipe service tennis dan tipe service floating. Sebenarnya yang membedakan kedua tipe ini adalah perkenaan tangan pada waktu memukul bola. Adapun yang dibahas dalam subbab ini adalah tipe servis tenis.


Servis tennis adalah servis yang pukulannya dilakukan di depan atas kepala, sehingga pada waktu memukul bola harus diangkat ke atas. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:
  1. Server berdiri seperti waktu melakukan servis bawah. Bola di depan badan pada satu atau dua tangan, kemudian dilambungkan agak tinggi, sementara lengan kanan dengan siku ditekuk dan ditarik ke belakang kepala.
  2. Lengan diluruskan lalu diayunkan ke depan seperti gerak melempar, dipukulkan tepat pada bola. Pada waktu yang bersamaan kaki kiri melangkah ke depan sehingga berat badan pindah dari kaki kanan ke kaki kiri.


Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar