Teknik Melempar Cakram dan Sikap Badan Setelah Melempar Cakram



Bagikan:


Ilustrasi lempar cakram [image by Tribunnews.com], 

Lempar cakram merupakan nomor lempar yang dilombakan dalam cabang olahraga atletik. Perlombaan lempar cakram dilakukan di lapangan terbuka dengan menggunakan cakram. Untuk dapat melakukan Lempar Cakram Awalan Menyamping dengan baik dan benar, teknik-teknik lempar cakram yang harus dikuasai diantaranya adalah Teknik melempar cakram dan Sikap badan setelah melempar cakram.


1. Teknik melempar cakram

Dilakukan dengan berdiri menyamping ke arah lemparan, kemudian ayunkan cakram dengan tangan kanan ke arah kanan bersamaan kedua lutut direndahkan, pandangan dan badan mengikuti arah gerak cakram, ayunkan kembali cakram dengan tangan kanan ke depan atas bersamaan dengan dua lutut naik, saat lengan posisi lurus serong atas lepaskan cakram dari pegangan tangan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lempar Cakram dibawah ini:
2. Sikap badan setelah melempar cakram
Adalah sebagai berikut.
  • Sambil melonjakkan badan ke atas ke arah depan, kaki kanan ditolakkan sekuat-kuatnya.
  • Setelah cakram lepas dari tangan, kaki kanan mendarat dan kaki kiri diangkat lemas untuk menahan dan menjaga keseimbangan.
  • Usahakan agar badan jangan sampai keluar lingkaran lapangan cakram.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melempar Cakram dan Sikap Badan Setelah Melempar Cakram"

Posting Komentar