Teknik Memegang Bet (Grip) Pada Permainan Tenis Meja | EdukasiCenter



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id],

Olahraga tenis meja merupakan olahraga yang secara teknis mirip dengan tenis lapangan akan tetapi dimainkan diatas meja khusus dengan ukuran tertentu serta menggunakan alat memukul yang biasanya disebut dengan bet. Untuk memaksimalkan pukulan teknik memegang bet sangatlah berperan penting.


Oleh karena itu penguasaan atas teknik memegang bet sangat mempengaruhi kenyamanan dalam memukul bola yang datang dari lawan. Secara garis besar pegangan bet dalam permainan tenis meja dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu Pegangan seperti berjabat tangan (shakehand grip) dan Pegangan seperti memegang tangkai pena (penholder grip). Cara memegangnya adalah sebagai berikut:

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:
1. Pegangan seperti berjabat tangan (shakehand grip)

Shakehand artinya berjabat tangan. Cara memegang bet tenis meja seperti cara menjabat tangan seseorang. Gaya ini sangat populer di negara-negara barat. Dengan grip ini kita dapat melakukan forehand stroke dan backhand stroke tanpa mengubah grip.

2. Pegangan seperti memegang tangkai pena (penholder grip)

Penhold artinya memegang pena. Cara memegang bet tenis meja seperti cara memegang pena. Grip ini populer di Asia. Pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat di gunakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknik memegang bet pada permainan tenis meja, dimana teknik ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pegangan seperti berjabat tangan dan pegangan seperti memegang tangkai pena. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai permainan tenis meja.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Memegang Bet (Grip) Pada Permainan Tenis Meja | EdukasiCenter"

Posting Komentar