Teknik Melakukan Pukulan Forehand Chop dan Backhand Chop Dalam Permainan Tenis Meja | EdukasiCenter



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id],

Terdapat beberapa teknik dasar pukulan dalam permainan tenis meja, salah satunya adalah pukulan Chop (Backspin). Chop (Backspin) adalah teknik memukul bola tenis meja dengan gerakan seperti menebang dengan kapak atau disebut juga gerakan membacok. Pukulan ini dapat digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam-macam.


Ada dua jenis pukulan chop dalam permainan tenis meja, yaitu Forehand chop dan Backhand chop, cara melakukan kedua pukulan chop tersebut akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini :

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:
1. Forehand chop

Cara melakukan pukulan Forehand chop dalam tenis meja adalah: Stancenya sama dengan stance forehand push, bet diangkat setinggi bahu dengan lengan membentuk sudut 90 derajat pada siku. Tubuh diputar sedemikian rupa sehingga bahu paralel dengan arah bola. Bola dipukul sesudah turun melewati titik ketinggiannya.

2. Backhand chop

Cara melakukan pukulan Backhand chop dalam tenis meja adalah: Mengambil posisi side stance. Bet diangkat setinggi bahu, kemudian bahu diputar, siap menerima bola. Kemudian bola dipukul dengan timeing yang tepat dengan gerakan yang mengarah ke depan dan ke bawah. Pukulan ini ditunjang oleh gerakan siku dengan bet menghadap ke arah tempat tujuan bola. Kemudian bola dipukul dengan timeing yang tepat sambil memindahkan berat badan ke kaki sebelah kiri.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Pukulan Forehand Chop dan Backhand Chop Dalam Permainan Tenis Meja | EdukasiCenter"

Posting Komentar