Teknik Melakukan Pukulan Block, Servis dan Top Spin Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center



Bagikan:


Gambar ilustrasi pemain tenis meja, 

Kunci utama dalam permainan tenis meja ialah konsentrasi serta melakukan pukulan yang baik, maka dari itu teknik pukulan merupakan salah satu teknik penentu keberhasilan dalam tenis meja. Selain teknik pukulan drive, forehand, dan backhand, dikenal juga beberapa teknik pukulan dalam tenis meja.


Terdapat beberapa teknik dasar pukulan dalam permainan tenis meja, beberapa diantaranya yaitu pukulan Block, pukulan Servis dan pukulan Top spin. Berikut ini penjelasan dari ketiga teknik pukulan dalam permainan tenis meja tersebut.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:
  • Block adalah teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup. Block digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau top spin.
  • Servis adalah salah satu teknik yang paling penting dalam permainan tenis meja dan juga merupakan kesempatan pertama untuk menguasai permainan dan memegang inisiatif.
  • Top spin sekarang ini menjadi pukulan yang paling populer dalam permainan tenis meja. Sebenarnya top spin merupakan drive stroke yang dikembangkan lebih lanjut. Perbedaannya adalah kalau drive stroke kekuatan diubah menjadi bentuk kecepatan, sedangkan top spin kekuatan diubah menjadi bentuk spin.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknik melakukan pukulan block, servis, dan top spin dalam permainan tenis meja. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga tenis meja yang banyak dimainkan oleh masyarakat sebagai permainan pengisi waktu luang.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Pukulan Block, Servis dan Top Spin Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center"

Posting Komentar